HETANEWS

Eliakim Simanjuntak: Tidak Ada Money Politik Disitu, Kan Aku Lagi Reses

Anggota DPRD Siantar Eliakim Simanjuntak.(Foto/Doc Hetanews)

Siantar, hetanews.com-Terkait dijadikannya temuan oleh Paniti Pengawasan Kecamatan (Panwascam) kegiatan Reses dari Eliakim Simanjuntak, disangkal oleh Eliakim hal tersebut adalah bagian dari Money Politik, bahkan kata Eliakim dalam reses tersebut dirinya tidak ada melakukan kampanye.

Saat bertemu dengan wartawan, Rabu (06/02/2019) Eliakim Simanjuntak membenarkan temuan tersebut.

"Memang betul ada ku bagi sama konsituen ku," katanya.

Baca juga: Panwascam Temukan Anggota DPRD Membagi Uang Saat Reses Menyertakan Kartu Nama Pencalegkan

Eliakimpun kemudian menceritakan kronologi kejadian saat resesnya berlangsung sampai pada dijadikannya temuan oleh Panwascam.

"Kan begininya itu ceritanya, udah siaplah reses waktu itukan di depan rumah ku, cerita-ceritalah aku sama Mama ku, kakak ku sama istriku disitu, tiba-tiba masuk orang yang engga ku kenal tanpa ngetuk pintu langsung nyelonong aja masuk," ceritanya.

Lanjut Eliakim ternyata orang tersebut merupakan anggota dari Panwascam Siantar Timur, yang langsung mengajak dirinya berbicara keluar rumah.

"Dia masuk ke rumah ku tanpa kolinuwon dulu langsung masuk aja, tanpa ada tanda pengenalnya lagi, aku tak kenal dia, langsung ku tanya siapa kau, terus dia bilang ngobrol diluarlah kita ketua," lanjut Eliakim.

Eliakim menyebutkan dia sempat marah, karena dirinya merasa langsung dicecar oleh anggota Panwascam tersebut.

"Kagetlah akukan karena tak ku kenal dia, marahlah aku pulakan, mau Panwaspun kau tak masalah sama ku, itu memang ku bilang, karena diapun nyolong masuk ke rumah ku, tersinggunglah aku," katanya.

Eliakim membantah jika dirinya melakukan money politik, sebab menurut Eliakim saat itu dia melakukan reses sebagai anggota DPRD Siantar.

"Kan ada anggaran kami itu, Tunjangan Reses, yah ku bagi-bagilah itu sama konsituenku, kan engga ada larangan soal itu, jadi engga ada aku lakukan Money Politik, kecuali aku lakukan kampanye terus ku bagi-bagi uang barulah bisa dibilang money politik aku," jelasnya.

Baca juga: Sekwan: Ada Anggaran Tunjangan Reses Tanpa LPJ

Ditanya apakah Eliakim ada melakukan kampanye saat kegiatan reses itu?, Eliakim membantah hal tersebut.

"Engga ada aku kampanye disitu, malah ku suruh wargaku untuk bertanya sepuasnya sama narasumberku, karena waktu itu aku bawa narasumberku orang Pemko," katanya.

Terkait kartu nama tersebut, Eliakim mengakui kesalahannya, tapi Eliakim mengatakan bahwa kartu nama bukanlah Alat Peraga Kampanye (APK).

"Memang ku akuilah ada salah ku, tapikan kartu nama itu bukan APK, bisa aja itu ku bagikan sekarang di Pajak Horas, kan engga ada yang salah itu, memang kartu nama itu untuk dibagi-bagikan," paparnya.

Penulis: tom. Editor: tom.