HETANEWS

Sonni: Pengelolaan Pemkab Pakpak Bharat Tidak Biasa-biasa

Ketua DPRD Pakpak Bharat, Sonni Berutu (tengah) beserta Sekda dan Kajari dalam acara open house tahun 2019. (foto/jb)

Pakpak Bharat, hetaNews.com - Dalam rangka tahun baru 2019, Ketua DPRD Pakpak Bharat, Sonni Berutu,  gelar open house, di rumah dinas Ketua DPRD, Rabu (6/2/2019).

Sonni menyampaikan, 15 tahun Kabupaten Pakpak Bharat adalah suatu proses demokrasi dan  proses pembelajaran bagi masyarakat. Semua yang terjadi, kami sikapi dan kami pahami. Terkadang adapun suatu intervensi, itu adalah sebuah semangat dan sebuah kepedulian dan kecintaan terhadap Pakpak Bharat, katanya.

Banyak diantara kita yang duduk disini dari awal ikut terlibat dan ikut berperan dalam pemekaran Pakpak bharat. Dan saat ini kita ikut dalam pengololaan, pengelolaan pemerintah, dan pengelolaan masyarakat. Baik dari sudut politik, sosial, dan ekonomi. Sesungguhnya tidak bisa dikelola dengan biasa-biasa saja, tegasnya.

Kalau kita ingin mencapai tujuan pemekaran, pengelolaannya tidak bisa biasa-biasa saja. Mungkin istilahnya 'rakidal' 'prontal' oleh semua pemangku kebijakan, baik dari  pemerintahan, legislatif, dan semua komponen di masyarakat.

Kalau hanya biasa-biasa saja pengelolaannya baik dari sudut anggaran atau  sudut kebijakan, sulit  rasanya Pakpak Bharat bisa sejahtera dengan waktu yang tertentu, katanya.

Ini kami amati karena sejak mekarnya Pakpak Bharat,  saya juga sudah menjadi bagian  penyelenggara pemerintahan, ujarnya.

Selain itu, kami melihat pemerintah dan legeslatif, juga belum sepenuhnya tau apa yang menjadi permasalahan mendasar di masyarakat oleh pemandu kebijakan. Namun meski demikian, kami tidak semata-mata menyalahkan pemerintah, karena ini juga bagian tanggung jawab kami, katanya.

Lima tahun pemekaran memang tidak terlalu menarik, tapi dari tahun 2010 sampai sekarang ada kesempatan dan momen yang tidak kita gunakan sebaik-sebaiknya untuk berinvestasi dalam berbagai hal, seperti sumber manusia dan banyak faktor yang berorientasi aset jaka panjang yang bisa berguna untuk kedepannya, tambahnya.

Seperti pendidikan, kesehatan dan pertanian dan masih banyak hal yang lain yang sifatnya investasi jangka panjang yang harus kita kawal dengan baik. Kami tidak menyalahkan siapa-siapa, tapi ini fakta. Pengelolaan pendidikan kita, kita kelola dengan gantung, pengelolaan pertanian dikelola dengan tidak fokus, ungkapnya.

Pakpak Bharat memang membutuhkan sosok yang jestivikasi sangat tinggi dan betul-betul peduli Pakapk Bharat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat kedepannya. Oleh karena itu, mari kita menyatukan semangat, dan pandangan persepsi, ajaknya.

Tampak hadir Sekda, anggota DPRD, Kapolres, mewakili Dandim 0206, Ketua Pengadilan dan Kejari Sidikalang-Pakpak Bharat, Forkopimda Pakpak Bharat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, beserta organisasi kepemudaan.

Penulis: jb. Editor: gun.