HETANEWS

Panwascam Temukan Anggota DPRD Membagi Uang Saat Reses Menyertakan Kartu Nama Pencalegkan

Ketua Panwascam Siantar Timur Francius Meulana Sipayung (Kanan) dan Andri Simorangkir anggota Panwasvcam Siantar Timur Bagian Hubungan Masyarakat (Umbul) (Kiri).(Foto/Tom)

Siantar, hetanews.com - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Siantar Timur, menemukan adanya anggoata DPRD membagi uang sebesar Lima Puluh Ribu Rupiah kepada masyarakat yang menyertakan kartu nama pencalegkannya.

Berdasarkan keterangan Francius Meulana Sipayung Ketua Panwascam Siantar Timur hal itu ditemukan saat reses anggota DPRD dari Fraksi Demokrat Eliakim Simanjuntak.

"saat itu dibagikan amplop kepada masyarakat yang isinya uang Rp 50.000 didalamnya juga ada kartu namanya," katanya.

Ditanya apakah dalam reses tersebut anggota DPRD tersebut ada berkampanye?, Francius menyebutkan anggota DPRD itu tidak ada mengucapkan kalimat yang bersifat ajakan untuk memilih dirinya.

"tidak ada, hanya bagi-bagi amplop itu yang ada kartu namanya," sebutnya.

Ditanya lagi apakah kartu nama adalah bagian dari Alat Peraga Kampanye (APK)?, Franscius menyebutkan hal itu masih mereka pelajari.

"Ini masih kita analisa aturannya, nanti setelah kita analisa akan kita plenokan, dan kita akan sampaikan kepada Bawaslu Siantar, jadi untuk saat ini kami belum bisa menjelaskan secara detail karena masih kami analisa dulu," sebutnya.

Ditanya apakah barang bukti sudah diamakan oleh mereka?, Francius menyebutkan mereka sudah mengumpulkan bukti berupa dokumentasi.

"Barang buktinya engga kita ambil kita hanya ambil fotonya saja yang amplop berisi kartu nama dan uang itu,"jawabnya.

Penulis: tom. Editor: tom.