HETANEWS

Mangapul Purba: Saya Tidak Berbisnis Kayu Lagi

Mangapul Purba (jaket merah) memberi penjelasan kepada sejumlah awak media, atas adanya dugaan penebangan liar di Kecamatan Pematang Sidamanik, Minggu, 3 Februari 2019. (foto/gee)

Simalungun,hetanews.com  - Politisi Partai PDI Perjuangan, Mangapul Purba, memberi penjelasan terkait adanya dugaan penebangan liar, di Huta Mariah Gunung, Nagori Jorlang Huluan, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Mangapul mengatakan, dirinya sama sekali tidak terlibat dalam perambahan hutan yang ada di Kabupaten Simalungun. Kata dia, sejak September 2018 hingga saat ini, ia sudah berhenti berbisnis kayu.

"Saya tidak ada terlibat dalam perambahan hutan di Simalungun. Kita tidak pernah berbisbis kayu lagi di Tahun 2019 ini," kata Mangapul kepada sejumlah awak media, di Jalan H. Ulakma Sinaga, Rambung Merah, Kabupaten Simalungun, Minggu (3/2/2019) sore.

Politisi PDI Perjuangan yang mencalonkan sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumut ini, cukup direpotkan dengan adanya informasi yang mengait-ngaitkan dirinya terlibat penebangan hutan di Huta Mariah Gunung.

Mantan Anggota DPRD Kabupaten Simalungun ini, mengatakan, ia juga sangat dirugikan dengan itu, apalagi di suasana pemilu saat ini.

"Saya juga sampaikan ke partai saya, kalau saya berani dipecat kalau ada perambahan kayu," ungkap mantan Kontraktor PT Indorayon ini.

Berita sebelumnya, Kepala Seksi Perlindungan Kawasan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sukendra Purba, menerima informasi adanya dugaan penebangan liar, pada Sabtu (2/2/2019) kemarin.

Baca juga: Ada Illegal Logging di Pamatang Sidamanik? Ini Jawaban KPH

Setelah dilakukan penyelidikan serta pemetaan, lokasi yang dikabarkan sebagai tempat illegal logging itu, bukan termasuk kawasan hutan dan juga berjarak sekira 200 meter dari Daerah Aliran Sungai (DAS).

Dalam operasi penyelidikan itu, kata Sukendra, pihaknya mengamankan 3 truk bermuatan kayu. Setelah diketahui (kayu) bukan berasal dari kawasan hutan, pihaknya tidak melakulan proses lanjutan.

Penulis: gee. Editor: gun.