HETANEWS

Naikkan Income Nelayan, Pemkab Samosir Tabur 25 Ribu Bibit Ikan di Danau Toba

Bupati Samosir bersama Wakil Bupati saat menabur bibit ikan di perairan Danau Toba. (foto/stm)

Samosir,hetanews.com – Pihak Pemkab Samosir melakukan aksi tabur bibit ikan di Danau Toba, Kamis (31/1/2019), lalu.

Sebanyak 25 ribu bibit ikan nila, langsung dilepas oleh Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, bersama Wakil Bupati, Juang  Sinaga, didampingi Asisten II, Saul Situmorang, Kadis Pertanian, Erkanus Simbolon, Kadis Kominfo, Rohani Bakkara, Kadis Pariwisata, Ombang Siboro, Camat Nainggolan dan Kelompok Usaha Bersama Makmur Sejati (Kelompok Nelayan), di lokasi Reservat Tara Bunga, Desa Simbolon Purba, Kecamatan Palipi.

Dalam kesempatan ini, perwakilan masyarakat menyampaikan terimakasih atas perhatian Pemkab Samosir dalam upaya meningkatkan penghasilan para kelompok nelayan, dengan cara penaburan benih ikan yang dilakukan 3 tahun belakangan ini.

Semoga benih ikan yang sudah ditabur dapat bertumbuh besar dan menambah populasi ikan yang ada di danau, sehingga persediaan sumber daya ikan bisa berkelanjutan, harap warga.

Bupati Samosir juga menyampaikan terimakasih atas antusias masyarakat dalam acara tabur bibit ikan tersebut.

Dengan adanya penaburan benih ikan ini, diharapkan kepada seluruh kelompok nelayan, agar tetap menjaga kelestarian dan kebersihan Danau Toba, agar ikan-ikan yang telah ditabur dapat bertumbuh dan berkembang biak dengan baik, katanya.

Dia juga berpesan kepada warga, agar jangan sembarangan menjala, jangan memakai obat-obatan untuk menangkap ikan di danau, tetapi marilah kita bersama-sama menjaga dan memelihara, agar ikan bisa berkembang biak. Sehingga pada akhirnya, dapat meningkatkan penghasilan para nelayan,  pesan Bupati.

Lanjutnya, bahwa untuk tahun ini, para kelompok nelayan akan mendapatkan bantuan, berupa alat-alat, dan perlengkapan untuk mendukung nelayan.

Dalam kesempatan ini, masyarakat petani juga memohon kepada Pemkab untuk memberikan bantuan alsintan, berupa handtraktor, dan langsung ditanggapi oleh Bupati dan Wakil yang akan diserahkan pada acara hari jadi Kabupaten Samosir  ke-15.

"Selagi itu untuk memajukan semangat kerja dan meningkatkan taraf ekonomi para masyarakat, apapun akan diberikan oleh Pemerintah,"tandasnya.

Informasinya, bibit ikan itu dari  pusat pembibitan di Tuk-Tuk dan bekerjasama dengan pihak Pemprovsu.

Penulis: stm. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.