HETANEWS

Wali Kota Tanjungbalai Lakukan Panen Padi Perdana

Wali Kota Tanjungbalai bersama Forkopimda melakukan panen padi perdana. (foto/ferry)

Tanjungbalai,hetanews.com - Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial,  melakukan panen padi perdana, di persawahan seluas 80 hektare (Ha), di Jalan Pasar VII, Lingkungan V, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar. 

Hadir mendampingi Wali Kota, Kapolres, AKBP Irfan Rifai diwakili  Kapolsek Datuk Bandara, AKP Ahmad Yani,Kasdim 0208/AS, Mayor Inf M.N Simanjuntak, Kadis Pertanian, Muslim, para Pimpinan OPD serta para petani setempat. 

Acara itu, diikuti ketua Kelompok Tani, ketua Gapoktan, petani sawah dari dua Kecamatan, yakni, Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur.

Wali Kota Tanjungbalai, mengatakan, kota Tanjungbalai saat ini memiliki areal persawahan kurang lebih 101 Ha yang digunakan untuk areal tanaman padi. Sedangkan areal lainnya (bukan sawah) kurang lebih 2.294 Ha ditanami palawija seperti jagung, ubi kayu, kedelai dan sayur-sayuran, ucap Syahrial, Jumat (1/2/2019).

Dengan kondisi pertanian saat ini, lanjutnya, dia berharap kepada para petani agar memanfatkan hasil produksi panen padinya lebih berkualitas, sehingga bisa meningkatkan pendapatan bagi para petani itu sendiri.

"Kita harapkan juga para petani tetap semangat, karena petani adalah pahlawan pangan kita. Saya ucapkan terimakasih buat seluruh petani di Kota Tanjungbalai, “kataya. 

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muslim, mengatakan, kebijakan mendukung sektor pertanian di Tanjungbalai juga sudah dilakukan sosialisasi dan penyuluhan, serta pemberian alat mesin pertanian dan pembangunan jaringan air. Pada panen perdana kali ini, dari 80 Ha lahan pertanian padi menghasilkan 496 ton, dengan rincian 6.2 ton/ha, tuturnya.

Penulis: ferry. Editor: gun.