Siantar,hetanews.com - Kepala Sesi Terminal Parkir dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Siantar, Muhammad Sofyan, mengatakan, parkir yang resmi tepi jalan di seputaran Lapangan Merdeka, berlangsung dari pukul 17.00 WIB.

"Ya gitu lah, dari jam lima (parkir). Dari pagi sampai jam lima enggak ada aktifitas di sana," ungkap Sofyan saat ditemui di kantornya.

Sofyan juga mengatakan, Dishub Siantar tidak mengetahui hilanganya rambu larangan parkir, yang semula dipasang di seputaran Lapangan Merdeka.

"Kami gak tau itu, gak ada kami cabut. Nah itu lah kadang kadang banyak (rambu) yang hilang gak tau kita," pungkasnya. 

Meski demikian, Sofyan memastikan Dishub Siantar selalu melalukan monitoring setiap harinya, ke lokasi parkir tepi jalan untuk melalukan pengawas di lapangan.

Baca juga: Plank Larangan Parkir Hilang, Begini Tanggapan Pengamat Lingkungan dan Humas Pemko

"Kita monitoring terus, ini mobil patroli lagi ke lapangan," ucapnya.

Pernyataan yang disampaikan oleh Sofyan, berbeda dengan fakta di lapangan. Pasalnya, parkir tepi jalan di seputaran Lapangan Merdeka dikelola oleh Juru Parkir (Jukir), melebihi jadwal yang telah diatur.

Tahun lalu, Pemko Siantar melakukan pemugaran terhadap Lapangan Merdeka, menjadi ruang terbuka hijau untuk publik. 

Sejalan dengan itu, Dishub memasang rambu larangan parkir dengan batas waktu pukul 17.00 WIB. Belakangan, rambu larangan parkir tersebut dicabut. Kemudian dijadikan lahan parkir kepada pengunjung.