HETANEWS

8 Kabar Terbaru Ahmad Dhani dari Balik Penjara: Tidurnya Kayak Ikan Pindang hingga Sel Bau Pesing

Ahmad Dhani (dilingkari merah) diduga sedang berada di Rutan Cipinang. Ahmad Dhani telah menjalani masa penahanannya selama empat hari di Rutan Cipinang. Ini kabar terbarunya.

Jakarta, hetanews.com - Musisi Ahmad Dhani telah menjalani masa penahanan di Rutan Cipinang selama empat hari. Kondisi terbaru Ahmad Dhani dari balik penjara pun diungkap kuasa hukum serta para koleganya.

Sebagaimana diketahui, Ahmad Dhani divonis kurungan 1,5 tahun penjara atas kasus ujaran kebencian oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019).

Majelis Hakim menilai, Ahmad Dhani terbukti bersalah telah menyuruh anak buahnya menyebarkan kebencian terhadap suatu golongan.

Ujaran kebencian tersebut, disebarkan anak buah Ahmad Dhani melalui akun twitter @AHMADDHANIPRAST pada Februari hingga Maret 2017.

Setelah mendapat vonis, suami Mulan Jameela itu langsung digelandang ke Rutan Cipinang, Jakarta Timur untuk menjalani masa tahanan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut kabar terbaru soal Ahmad Dhani dari balik penjara: 

1. Tinggal di sel ukuran 10x20 meter

Ahmad Dhani disebut tinggal di sel ukuran 10x20 meter di Rutan Cipinang. Menurut kuasa hukum Ahmad Dhani, Hendarsam Marantoko, Rutan Cipinang terlalu sempit.

"Kapasitas (penjara) 1.200 (tahanan) sekian, sedangkan yang terisi 4.000 sekian," kata Hendarsam ditemui di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (30/1/2019).

Meski demikian, Ahmad Dhani juga merasa nyaman meski sel seluas 10x20 meter terlihat sempit karena dihuni sekitar 300 orang. "Mungkin dia merasa seperti di rumah ya," kata Hendarsam.

2. Tidurnya kayak ikan pindang

Masih menurut Hendarsam, kondisi sel tempat Ahmad Dhani ditahan diibaratkan seperti kandang ayam. Ahmad Dhani tinggal di sebuah sel seluas 10x20 meter dan dihuni sekitar 300 orang. "Bayangkan coba, kayak di kandang ayam boiler. Itu orang dilepas gitu, kayak ikan pindang pas tidur," lanjutnya.

3. Sel berbau pesing

Hendarsam juga mengatakan, sel yang dihuni Ahmad Dhani berbau kurang sedap. "Ya pasti, wajar. Saya juga sempat lihat ya seperti itu (bau pesing), sangat memprihatinkan," kata dia.

4. Ogah dapat fasilitas berbeda

Meski tinggal di sel berbau pesing dan bersama dengan ratusan napi lainnya, Ahmad Dhani ogah mendapat fasilitas berbeda. "Cuma Mas Dhani orang yang enggak mau diistimewakan walau dia artis besar tokoh besar di dunia politik."

"Dia punya instrumen gitu, tapi dia enggak mau, biarkan berjalan, jangan jadi cengeng gara-gara itu," kata Hendarsam.

Ia menambahkan, pentolan Dewa 19 itu terlihat santai selama menjalani masa tahanan. "Dilihat dari mukanya dia santai banget, kayak biasa aja jadi kita ikut tenang," katanya.

5. Sudah bisa beradaptasi

Hendarsam mengatakan, Ahmad Dhani bisa berbaur dan beradaptasi dengan keadaan di Rutan Cipinang dalam waktu yang singkat.

"Adaptasinya berjalan dengan baik."

"Malah sama sekali saya tidak melihat ada perbedaan frekuensi dari sikap, dari kesehatan, dari raut muka, semuanya biasa-biasa banget," kata Hendarsam.

6. Kebedaraan Dhani disambut baik

Menurut Hendarsam, Ahmad Dhani terlihat santai dan bersosialisasi dengan sesama tahanan. 
Keberadaan Dhani disambut baik.

"Pendukungnya ternyata banyak banget Mas Dhani, mungkin 80 sampai 90 persen pendukung Mas Dhani semua."

"Masuk langsung dikerubutin segala macam," lanjutnya.

7. Tak ada keistimewan

Kepala Rutan Klas 1 Cipinang, Oga G Darmawan menyebut, tak ada perlakuan istimewa untuk Ahmad Dhani. Hal ini untuk membantah kabar, Ahmad Dhani akan dipisah dari tahanan lain.

Oga juga mengatakan, saat ini suami Mulan Jameela itu sedang menjalani masa pengenalan lingkungan (Mapenaling) untuk beradaptasi dengan lingkungan rutan.

Mapenaling berlangsung antara satu minggu hingga satu bulan. "Kami lihat bagaimana cepatnya nanti supaya Mas Ahmad Dhani bisa membaur," jelasnya.

Selama mapenaling, Ahmad Dhani ditempatkan di satu ruangan dengan 200 hingga 300 tahanan lain.

8. Diusulkan pindah rutan

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang, Jakarta, Selasa (29/1/2019).\

Fahri sempat menyampaikan kondisi Ahmad Dhani dalam keadaan baik meski berada di tempat penampungan tahanan sementara.

Fahri juga mengusulkan agar Ahmad Dhani dipindahkan ke Rutan Mako Brimob seperti yang terjadi pada kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/BTP.

Hal ini ia sampaikan saat melihat kondisi Ahmad Dhani yang berdesakan dengan tahanan lain karena kapasitas lapas yang sudah over load.

"Saya pribadi mengusulkan agar Ahmad Dhani ditahan, sama dengan di tempat Basuki ditahan, jadi dibawa ke Mako Brimob aja," ujar Fahri Hamzah dilansir dari Kompas TV.

 

sumber: tribunnews.com

Editor: sella.