HETANEWS

Siosar akan Dijadikan Wilayah Agrowisata, Ini Pertimbangan Gubsu

Gubsu, Edy Rahmayadi saat berkunjung ke Siosar, belum lama ini. (foto/charles)

Karo, hetanews.com - Seperti kita ketahui, Tanah Karo merupakan salah satu daerah di wilayah Provinsi Sumatera Utara yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara dan dalam negeri.

Pasalnya, banyak sekali objek wisata unggulan yang telah terkenal di mata dunia, seperti puncak Gundaling, Air Terjun Sipiso-piso dan Danau Tobanya (Karo).

Namun, sejak terjadinya erupsi gunung Sinabung, pada bulan September tahun 2013 silam, warga di beberapa desa, seperti  Bekerah, Simacem dan Desa Sukameriah harus diungsikan dan direlokasi di Siosar.

Yang mana Siosar dahulunya adalah area hutan luas yang telah ‘disulap’ menjadi kawasan permukiman baru dengan infrasturktur, fasilitas umum (fasum) yang memadai bagi warga pengungsi korban erupsi Sinabung.

Kawasan ini sekarang telah menjadi idola bagi para wisatawan asing maupun mancanegara. Karena, jika kita ingin berkunjung ke sana sudah pasti kita akan ‘dibelai’ dengan sejuknya angin disertai dengan pemandangan alam yang hijau dan indah.

Melihat potensi wisata ada di lokasi Siosar, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, pada kunjungannya, baru-baru ini, di Kabupaten Karo, berencana akan menjadikan wilayah itu menjadi desa atau wilayah agro wisata.

“Saya berencana akan menjadikan tempat ini menjadi salah satu wilayah agrowisata. Karena agrowisata merupakan salah satu potensi dalam pengembangan industri wisata di seluruh dunia,”ujar Gubsu saat berkunjung ke Siosar, belum lama ini kepada wartawan.

Dikatakannya, jika agrowisata merupakan aktifitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian dan memiliki beragam variasi seperti adanya labirin jagung, wisata petik buah sendiri dan memberi makan hewan ternak.

Sebab selama ini, tambah Gubsu, daya tarik wisata sebagian besar masih berupa wisata bahari dan wisata budaya. Untuk itu, Kabupaten Karo memiliki potensi yang cukup men­janjikan, di bidang perta­nian dan pariwisata. Bila keduanya dikelola de­ngan baik, tentunya ma­sya­rakat Kabu­paten Karo hi­dupnya bisa sejahtera.

Nah, sambung Gubsu lagi, kedepannya demi kemajuan dan kesejahteraan ma­syarakat Karo khususnya warga di Siosar. Pemprovsu akan menjadikan wilayah ini menjadi desa agrowisata.

“Lokasinya kita pilih di Siosar sebagai pilot project yang lahannya membentang dari Kecamatan Tigapanah dan Kecamatan Merek. Agrowisata  yang akan dijadikan pilot proyek kita pilih Siosar, yang lahan­nya membentang dari Keca­matan Tiga Panah dan Kecamatan Merek. Sebelum itu terwujud, in­frastruktur terlebih dahulu akan dibangun, seperti sarana rest area, ketersediaan air ber­sih dan fasilitas umum lainnya di Siosar. Inilah tujuan Pemerintah Provinsi Sumut menyong­kong Pemkab Karo dalam memajukan pembangunan bidang pertanian,”papar Gubsu mengakhiri.

Penulis: charles. Editor: gun.