HETANEWS

Kapolres Asahan Bersama Forkompinda Musnahkan Barang Bukti 37 Kg Narkotika

Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu didampingi Dandim 0208/As, Letkol Inf. Sri Marantika Beruh serta beberapa unsur Forkompinda memberi keterangan terkait pemusnahan barang bukti 37 Kg Narkotika. (Foto/Rendi)

Asahan, hetanews.com - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Asahan memusnahkan barang bukti Narkotika, yitu  hasil tangkapan 2 (bulan) kebelakang, di Halaman Mapolres Asahan, Jalan Jenderal Ahmad Yani By Pass, Kisaran, pada Rabu (30/1/2019) siang.

Dalam keterangan persnya, Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu didampingi Dandim 0208/As, Letkol Inf. Sri Marantika Beruh, bersama unsur Pemkab Asahan, Kaban Kesbangpolinmas, Sorimuda Siregar dan perwakilan Kejaksaan Negeri Asahan serta Pengadilan Negeri (PN) setempat, memaparkan pemusnahan barang bukti tersebut. Meliputi sabu-sabu yang dikemas dalam bentuk teh China dengan total keseluruhan seberat 17 Kg dan daun ganja kering dalam kemasan ball seberat 20 Kg.

"Dalam pemusnahan ini turut diamankan 2 orang tersanga laki-laki dewasa yang menjadi kurir narkotika jenis sabu-sabu seberat 17 Kg, dan para tersangka sekarang sedang menjalani penyelidikan untuk selanjutnya dilimpahkan ke kejaksaan dan disidangkan,"tegas Faisal ke sejumlah awak media.

Kapolres Asahan bersama Forkompinda melakukan pemusnahan barang bukti Narkotika di halaman Mapolres Asahan. (Foto/Rendi)

Dalam pemusnahan tersebut, hadir juga tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Medan yakni AKBP. Erma yang bertindak sebagai penguji barang bukti narkotika dan semua barang bukti tersebut positif narkotika golongan I (ganja, red) dan golongan II (sabu-sabu, red).

Terpisah, Kasat Narkoba Polres Asahan, AKP Anthony Tarigan menjelaskan, bahwa pemusnahan narkotika tersebut sebagai wujud tranparansi terhadap seluruh elemen masyarakat. Dan Polres Asahan dalam hal ini Satres Narkoba, bersama masyarakat akan tetap bersinergi serta sejalan dengan Instruksi Kapolri, Jenderal Tito Karnavian yang tertuang dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2019 yang di gagas Pemerintahan Jokowi - Jusuf Kalla dalam hal menekan angka peredaran dan pemakai narkotika yang dewasa ini semakin massif dan sistemik, ujarnya.

"Kita (Satreskoba, red) bersama masyarakat akan tetap bersinergi untuk bersama-sama memberantas dan menekan tindak pidana peredaran narkotika, khususnya di wilayah hukum Polres Asahan, dan ini juga tertuang dalam Prolegnas 2019 serta sesuai dengan instruksi Kapolri,"tandas perwira pertama yang baru 2 bulan lebih menjabat ini.

Penulis: rendi. Editor: sella.