HETANEWS

Kerugian Kebun Rp300 Ribu, Terdakwa Jeky Diancam 1 Tahun

Terdakwa keluar dari ruang sidang Tirta.(foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Pencuri 16 tandan buah sawit (TBS) dituntut jaksa 1 tahun penjara. Menurut Fransiska Sitorus,  selaku penuntut umum, Jeky Syahputra Silaban (21) telah terbukti mencuri 16 TBS milik PTPN IV kebun Laras.

Warga Lumban Manalu, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapteng ini, dipersalahkan jaksa melanggar pasal 111 UU RI No.49/2014 tentang perkebunan. Terdakwa diamankan pada Rabu, 32 Oktober 2018, pukul 17.00 WIB, lalu, dari areal kebun sawit afd III blok 2012 L PTPN Laras, Nagori Silau Bayu, Kecamatan Gunung Maligas.

Sore itu, terdakwa bersama Tri Sukma Hadi dan Abas Saragih (DPO), mencuri sawit di areal kebun. Perbuatan terdakwa dan temannya dilihat petugas keamanan kebun, saksi Ngatino dan Prayetno yang sedang patroli. Akibat perbuatan terdakwa, PTPN IV alami kerugian lebih kurang 300 ribu saja.

Dua temannya berhasil kabur, sedangkan terdakwa diamankan bersama barang bukti. Terdakwa menyesali perbuatannya dan memohon agar majelis hakim meringankan hukumannya.

"Saya mohon hukuman saya diringankan yang mulia, saya menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi,"kata Jeky yang mengaku belum pernah dihukum.

Untuk mempertimbangkannya dalam putusan, ketua majelis hakim, Roziyanti, didampingi dua hakim anggota, menunda persidangan hingga sepekan.

Penulis: ay. Editor: gun.