Wed 24 Apr 2019
ADVERTORIAL

TPL Panen Padi Bersama Masyarakat Huta Godung

Masyarakat dusun Huta Godung, desa Sion Timur 1, kecamatan Parlilitan, Humbahas, panen padi perdana, di tahun 2019, bersama PT TPL, Selasa (15/1/2019), lalu. (Foto/Aldy)

Tobasa,hetanews.com- Masyarakat dusun Huta Godung, desa Sion Timur 1, kecamatan Parlilitan, kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), melaksanakan panen padi perdana, di tahun 2019, bersama PT. Toba Pulp Lestari,Tbk (TPL), Selasa (15/1/2019), lalu.

“Kami bersyukur, panen kami tahun ini berhasil setelah sebelumnya terancam gagal karena ketiadaan saluran air ke sawah kami,”ujar Masden Tinambunan, tokoh adat masyarakat Sion Timur 1.  Untung ada TPL yang memperbaiki seingga kami bisa panen, terima kasih buat TPL, pungkasnya.

Sementara Pintor Tinambunan, kepala desa Sion Timur 1, menjelaskan, lahan persawahan masyarakat seluas kurang lebih 250 Ha terselamatkan akibat bantuan TPL.

Pintor juga menjelasakan, saluran irigasi yang mengalir ke persawahan masyarakat bersumber dari mata air Aek Marbatang dan Aek Situmohap yang berada di kebun Eucalyptus dikonsesi TPL. “ Saluran air ini merupakan nadi utama untuk menunjang perekonomian 315 KK masyarakat, “jelasnya.

Pintor juga mengatakan, bahwa kehadiran TPL sebagai perusahaan yang berdampingan dengan Sion Timur 1, memberikan manfaat kepada masyarakat. “Sudah ada beberapa bantuan TPL kepada desa kami, sungguh kami merasakan mafaat adanya perusahaan di dekat kampung kami ini,”katanya.

Pius Butarbutar, Humas TPL Estate Tele yang turut melaksanakan panen bersama masyarakat, mengatakan, bahwa perbaikan saluran air sepanjang 270 meter yang dilaksanakan oleh TPL ini, merupakan bukti kedekatan perusahaan bersama masyarakat Sion Timur 1. “Saluran irigasi ini merupakan bukti kebersamaan perusahaan dan masyarakat, kita harapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijaga,” seru Pius.

Kami melihat langsung senyum yang lebar dari para petani saat mereka panen padi. Kesuksesan panen di Sion Timur I ini, menjadi bukti nyata komitmen perusahaan good for community (baik untuk masyarakat) dangood for country (baik untuk negara). Kemitraan kami dengan masyarakat desa Sion Timur I, yang bersebelahan langsung dengan wilayah hutan tanaman industri (HTI) PT TPL estate Tele, terjalin dengan sangat baik, ujar Pius.

Penulis: aldy. Editor: gun.