HETANEWS

Tatap Muka dengan Tokoh Lintas Agama Kabupaten Simalungun, Kapoldasu Himbau Pemilu Damai 2019

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto (tengah), Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan (paling kiri), Kapolres Siantar, AKBP Heribertus Ompusunggu (paling kanan), Bupati Simalungun, JR Saragih (kedua kiri) dan Syekh Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajaguguk (ketiga kiri). (Foto/Pranoto)

Simalungun,hetanews.com- Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Agus Andrianto, bersama sejumlah pejabat di jajaran Poldasu, melakukan silahturrahmi dengan tokoh lintas agama untuk mewujudkan Pemilu damai 2019, di Kabupaten Simalungun, Kamis (24/1/2019).

Kehadiran Kapolda beserta jajarannya, disambut langsung oleh Bupati Simalungun,  JR Saragih dan Wakil Bupati, Amran Sinaga serta pimpinan majelis persulukan Serambi Babussalam Hatonduhan, Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajaguguk serta Ephorus GKPS, Pdt Rumanja Purba, di Pondok Persulukan Serambi Babussalam Jawa Tongah, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan dan Kapolresta Siantar, AKBP Heribertus Ompusunggu, para pejabat Pemkab Simalungun, tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga tokoh adat serta masyarakat.

Di pondok persulukan, setelah istirahat sejenak, Kapolda melakukan ziarah ke makam Al'arif Billah Asy Syehk Abdurrahman Rajaguguk yang diketahui merupakan tuan guru pertama Serambi Babussalam Simalungun.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Agus Andrianto, mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Sebab, maksud awal kedatangannya ke daerah ini hanya ingin ziarah.

"Acara ini sangat baik, karena awalnya kami hanya ingin ziarah dan silaturahmi, namun acaranya dirangkai dengan doa kebangsaan. Semoga dengan adanya acara ini kerukunan kita semakin erat," kata Agus.

Kapoldasu menghimbau kepada seluruh warga Sumut, secara khusus di Simalungun, agar turut menjaga Kamtibmas serta bersama-sama menggelorakan semangat kesatuan dan persatuan.

"Untuk itu, mari kita satukan kekuatan membangun negara ini khususnya Sumut. Sebab, kalau kita tidak bersatu, maka akan kalah dengan daerah lain. Mudah-mudahan pertemuan ini jalinan silaturahmi kita serta persatuan dan kerukunan tetap terjaga dengan baik," himbaunya.

Senada dengan Agus, TGB Syeh Ahmad Sabban Rajagukguk juga mengajak seluruh umat untuk hidup berdampingan secara damai. Menurutnya, pertemuan Kapoldasu dengan jamaah persulukan, merupakan sarana untuk mempererat kebersamaan dan persatuan serta kedamaian.

“Kita adalah bersaudara, berbangsa dan bertanah air, mari sama-sama kita jaga kedamaian, kerukunan dan persatuan kita, sehingga banggsa ini lebih maju. dan kedatangan Kapoldasu ke sini sangat bermanfaat untuk memperkokoh persaudaraan kita,”ujarnya.

Adapun acara diakhiri dengan penyampaian pernyataan sikap tokoh lintas agama Kabupaten Simalungun dan do’a bersama yang dipimpin oleh TGB Syekh Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajaguguk.

Penulis: pranoto. Editor: gun.