Medan, hetanews.com - Gubernur Sumut diminta merealisasikan janji kampanyenya melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang). Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo pada Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2018-2023 yang digelar di Tiara Convention Centre, Medan, Selasa (22/1/2019).

"Musrembang ini harus mensinkronkan janji kampanye Pak Edy dan Pak Wagub, Pak Musa (Rajekshah). Janji kampanye itukan hutang politik," ucap Tjahjo Kumolo. 

Dalam mewujudkan janji kampanye tersebut, lanjut Tjahjo, Gubsu juga diminta melihat program strategis pusat serta kesinambungan program kabupaten/kota. Dengan demikian dalam musrembang memastikan prigram pusat jalan, ada konektivitas, ada sinergi. Dirinya berharap konsolidadi politik yang terjadi di awal 2019 tidak mengganggu pelaksanaan musrembang itu sendiri. 

Menurut Tjahjo, 2019 ini Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kala menargetkan penyelesaian infrastruktur, ekonomi sosial. Khusus di Sumatera pemerintah fokus pada penyelesaian KEK di Danau Toba tidak sampai mangkrak. Tentunya ditunjang oleh musrembang. 

"Apa program APBD nya? Kaitannya dengan Kuala Tanjung, Inalumnya, ada Kualanamo," tuturnya. 

Musrembang itu juga diharapkan memperhatikan implikasi sosial dari pembangunan jalan Tol Kualanamo. Karenanya penyusunan musrembang terbilang strategis yang hendaknya melibatkan akademisi, perguruan tinggi, serta Forkopimda. 

"Seperti yang disampaikan Bapenas, pusat membangun Silangit, jalan terpadu, sekarang apa kontribusi daerah? Memanage masyarakatnya, bisa menerima kondisi ini, budayanya, kulturnya. Hati-hati! Perbedaan adat istiadat, suku agama aja kalau gak tepat bisa menimbulkan masalah," pesan Mendagri. 

Tjahjo Kumolo juga mengapresiasi perencanaan keuangan Pemprovsu yang dinilai telah cukup baik. Karena itu dirinya menekankan agar dalam perencanaan anggaran tidak lagi main-main. Termasuk anggran aspirasi di DPRD harus singkron dengan program SKPD yang ada. 

Menanggapi itu, Wakil Gubernur Sumut, H. Musa Rajekshah, M.Hum memastikan musrembang berjalan sesuai visi misi pada kampanye dulu. "Apa yang kita sampaikan pada RPJMD ini adalah visi dan misi dan tidak keluar dari program strategis pusat. Di sini kita memastikan program provinsi dan nasional sejalan," tegas Musa Rejekshah. 

Secara garis besar, lanjutnya, Pemprovsu akan fokus pada lapangan pekerjaan, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan hal-hal lain yang menyangkut pembangunan di daerah.