HETANEWS

Bawaslu Tobasa Gelar Rakernis Pengawasan Tahapan Pemilu 2019

Komisioner Bawaslu Kabupaten Tobasa, Juniat Sitorus, S.Sos., Romson Purba, Thomson Manurung didampingi Kepala Sekretariat Seksi Anton Hutabarat membuka Rakernis Pengawasan Pemilh di Serenauli Hotel, Kabupaten Toba Samosir. (foto/nim)

Tobasa, hetanews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengawasan Tahapan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD serta Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Hotel Serenauli, Senin (21/1/2019). 

Rakernis yang dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Kabupaten Tobasa, Juniat Sitorus, S.Sos., Romson Purba dan Thomson Manurung, sebagai evaluasi pengawasan tahapan pemilu legislatif untuk mengindentifikasi bentuk pencegahan pelanggaran. Termasuk kelemahan atau hambatan dalam pelaksanaan teknis pengawasan tahapan pemilu, juga untuk mengidentifikasi temuan-temuan dugaan pelanggaran pemilu yang memungkinkan mempengaruhi proses dan pelaksanaan pemilu dan yang terakhir adalah untuk mengidentifikasi tindaklanjut temuan oleh Pengawas Pemilu.

Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Tobasa, Romson Purba dalam sambutan menyampaikan bahwa seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu pada tahun 2019 ini semestinya juga dilakukan evaluasi terhadap ke-Bawaslu-an. Jadi tidak hanya membahas tentang rangkaian tahapan apalagi (hanya) subsektor pengawasan tetapi juga prinsip dasar ke-Bawaslu-an ini, pada aspek struktural dan administrasi, tentunya juga dalam domain pengawasan, penindakan pelanggaran dan wilayah yang sifatnya support system dari jiwa atau roh Bawaslu menyangkut pengawasan dan penindakan pelanggaran.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Thomson Manurung, Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Tobasa menyatakan Rakernis ini untuk melakukan evaluasi terhadap metode dan kebijakan teknis serta hasil pengawasan pada tahapan yang telah berlangsung dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan bagi penyusunan metode dan kebijakan teknis dalam pengawasan tahapan selanjutnya. Sehingga akselerasi kinerja dan pelaporan Bawaslu Kabupaten dan jajarannya menjadi cepat, efektif, dan terkendali.

“Jadi fokus dari target rencana kita, capaiannya adalah akselerasi (percepatan), sehingga kita tidak lagi berada pada track yang lambat, tetapi sudah semakin cepat. Oleh karena itu evaluasi ini penting karena kami melihat akselerasinya belum jalan, sehingga percepatan, efektivitas, dan pengendalian ini terhambat. Hal-hal seperti ini yang kita buka dalam rapat ini, sehingga kebijakan pengawasan Bawaslu Kabupaten yang dihasilkan dari Rakernis ini, telah memperhitungkan aspek-aspek masukan dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam),” ujar Juniat Sitorus.

Penulis: nim. Editor: anto.