HETANEWS

Jokowi Borong 100 Ribu Botol Sabun Cuci Piring Seharga Rp 2 Miliar

Eli, pengusaha sabun cuci piring yang produknya diborong Jokowi senilai Rp 2 miliar. (Ray Jordan/detikcom)

Garut,hetanews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana memborong 100 ribu botol sabun cuci piring. Total uang yang harus dibayarkan Jokowi sebesar Rp 2 miliar.

Hal itu terjadi saat Jokowi meninjau pameran giat kewirausahaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Gedung Serbaguna Mandala, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019). Ada beberapa stan yang memamerkan produk usaha rumahan yang dijalani para ibu-ibu penerima PKH.

Jokowi dan Iriana mampir ke stan sabun cuci piring milik Eli Liawati. Dihampiri Presiden, Eli lantas menjelaskan singkat soal produk sabun cuci piring yang dia buat dan jual.

Sabunnya itu diberi label 'Sabun Cuci Padawangi'. Eli merupakan kelompok usaha PKH Padawangi dari Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Garut.

"Kaget saya, nggak nyangka. Alhamdulillah, senang banget," kata Eli setelah dagangannya diborong Jokowi.

Dalam kesepakatan bisnis yang dilakukan, Jokowi memborong 100 ribu botol sabun cuci piring produksi Eli. Harga satu botolnya Rp 20 ribu. Produk itu harus sudah tersedia hingga akhir Februari nanti.

"Diborong 100 ribu botol, jadi nilainya Rp 2 miliar," kata Eli.

Eli mengatakan uang Rp 2 miliar itu nantinya akan dia kembangkan lagi untuk usahanya itu. Saat ini, dia tidak memiliki anak buah, dia hanya mengerjakan sendiri.

"Saya baru sendiri. Baru memulai usaha dua bulan. Nanti saya punya anggota 40 orang, anggota kelompok PKH saya," katanya.

Tak hanya untuk mengembangkan usahanya, Eli juga akan menyisihkan uang tersebut untuk berangkat ibadah umrah ke Mekah.

"Saya mau umrah, nanti bayarin orang tua juga untuk umrah," katanya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Jokowi. Mudah-mudahan jadi presiden lagi," imbuh Eli.

Sumber: detik.com

Editor: gun.