HETANEWS

Usaha Ternak Ayam-Udang Belum Kantongi Izin dari Pemkab Sergai

lokasi usaha PT BSF di Dusun III Desa Pematang Kuala, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai. (foto/istimewa)

Sergai, hetanews.com - PT Blue Sumatra Farm (BSF) yang bergerak di bidang peternakan ayam dan udang yang berlokasi di Dusun III Desa Pematang Kuala, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) belum mengantongi izin dari pemerintah setempat.

Hal ini diketahui dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) Kabupaten Sergai melalui Kabid Perizinan Ahmad Yunus, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (16/1), kemarin.

Lanjut dikatakanya bahwa sesuai peraturan perusahaan harus memperpanjang paling lambat tanggal 1 Desember 2017 lalu.

"SIUP nya sudah mati. Kemudian soal izin usaha peternakan dan izin usaha perikanan dari Dinas Perizinan juga belum ada,” katanya.

Sementara itu, Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) melalui Sekretaris Abdul Haris didampingi Kabid Peternakan Andarias Ginting kepada media ini, Jumat (18/1) mengatakan baru mendengar keberadaan perusahaan.

Bidang peternakan yang sekarang bergabung di Ketapang belum pernah mengeluarkan standart operasional dan teknis terkait perusahaan tersebut. Karena kalau mereka masukan permohonan dan setelah itu maka kami akan melakukan pengecekan. Kalau pelaku usaha itu menaati peraturan otomatis juga akan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pungkasnya.

Kru hetanews masih berupaya untuk meminta keterangan dari pihak perusahaan dalam waktu dekat.

Penulis: sutrisno. Editor: bt.