HETANEWS

Ditemukan Puluhan Gelondongan Kayu Pinus di Simalungun, Punya Siapa?

Puluhan kayu gelondongan ditemukan namun tidak dengan pemiliknya. (foto/pranoto)

Simalungun, hetanews.com - Diperkirakan puluhan gelondongan kayu diduga kuat hasil penebangan liar, ditemukan di Huta Tongah, Nagori Pondok Bulu, Kecamatan Dolok Panribuan, persisnya dibelakang perkampungan Huta Tongah.

Informasi dihimpun, sejumlah gelondongan kayu Pinus terlihat sudah keluar dari lokasi penebangan, dan sebelumnya terlihat tanda-tanda aktifitas penyincangan (pemotongan kayu pada ukuran tertentu).

Belum diketahui siapa pemilik gelondongan-gelondongan kayu tersebut. Pasalnya, saat ditemukan tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas temuan itu.

Puluhan kayu gelondongan ditemukan namun tidak dengan pemiliknya. (foto/pranoto)

Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPT KPH) Wilayah II Siantar, melalui Kepala Seksi Perlindungan Kawasan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sukendra Purba, membenarkan temuan itu. Ia mengaku belum mengetahui siapa pemiliknya.

"Belum tahu siapa pemiliknya, namun kita sudah turun ke lapangan dan benar telah menemukan kayu itu," ujarnya saat dikonfirmasi hetanews, Rabu (16/1/2019).

Ia menambahkan, UPT KPH Wilayah II Siantar tengah melakukan penyelidikan atas temuan gelondongan kayu tersebut, yang diduga berasal dari kawasan hutan konservasi PT Toba Pulp Lestari (TPL).

"Kita menemukan kayu itu berasal dari kawasan hutan konservasi PT TPL, kita tengah berupaya berkordinasi dengan PT TPL," katanya.

Penulis: pranoto. Editor: bt.