HETANEWS

Advokat Reinhard Sinaga Minta Kliennya Dihukum Ringan

Simalungun,hetanews.com- Advokat Reinhard M Sinaga, melalui nota pembelaannya (pledoi) dalam persidangan, Selasa (15/1/2019), meminta agar majelis hakim, meringankan hukuman terdakwa, Albert Instein Karo Karo (22).

Warga Kampung Kristen, Kecamatan Silimakuta ini, telah dituntut jaksa selama 8 tahun penjara, denda Rp.50 juta subsider 3 bulan. Albert dipersalahkan jaksa melanggar pasal I angka 1, yaitu, pasal 81 (3) yang telah ditetapkan sebagai UU No.17/2016 tentang Perlindungan Anak.

Albert terbukti mencabuli saksi korban, YR br G, bersama dengan terdakwa Pristiwan Jaya Saragih dan Zekki Purba (dituntut sama). Perbuatan itu dilakukan terdakwa, pada Jumat, 29 Juni 2018, pukul 23.00 WIB, lalu, di sebuah gubuk, di kampung Silimakuta.

Saksi korban diancam oleh Pristiwan, jika tidak dating menemuinya. "Akan ku tikam pacar mu kalo kamu tidak datang", itulah ancaman Pristiwan. Akhirnya korban keluar rumah, setelah orangtuanya tidur.

Lalu naik sepeda motor RX King, korban dibawa ke gubuk yang ternyata di sana sudah ada terdakwa Albert, Zekki dan Kepri Saragih (DPO). Pristiwan sempat mencekik dan mendorong tubuh korban, lalu disetubuhi.

Usai melampiaskan nafsu bejatnya, terdakwa Albert masuk dan juga menyetubuhi korban. Dilanjutkan Zeki. Lalu korban diantar pulang oleh Pristiwan.

Alasan Reinhard meminta agar majelis hakim meringankan hukuman terdakwa Albert, karena terdakwa tidak ada memaksa atau mengancam korban. "Menurut Pristiwan dan Zeki terdakwa Albert tidak pernah memaksa korban", jelas Reinhard dalam pledoinya.

Untuk mempertimbangkannya dalam putusan, persidangan dipimpin Majelis Hakim, Roziyanti, menunda persidangan hingga Selasa mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.