HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Koramil 0815/11 Pungging Bersama TRC BPBD Dan Warga Benahi Tanggul Longsor

Suasana Pembenahan Tanggul Longsor Di Sungai Sumber Pasinan Pungging Mojokerto

Mojokerto, hetanews.com - Longsornya plengsengan tanggul Sungai Sumber Pasinan yang melintasi Dusun Pungging Krisik Desa Balongmasin yang berbatasan dengan Dusun Patung Desa Pungging Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, langsung disikapi Pemerintah Desa setempat dan unsur Forpimka serta Dinas terkait.

Kali ini Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto, Perangkat Desa dan Warga Dusun Pungging Krisik Desa Balongmasin bergotongroyong melaksanakan karya bakti membenahi plengsengan tanggul Sungai Sumber Pasinan yang longsor, Ahad (13/01/2019).

Tidak kurang dari 80 orang gabungan anggota Koramil Pungging, TRC BPBD, Relawan Mitra BPBD, Tagana dan Warga masyarakat bahu membahu melakukan perbaikan tanggul sungai yang longsor menggunakan 30 batang bambu sebagai pengikat dan tiga lembar gedek sebagai penahan yang diberi tumpukan karung berisi campuran pasir dan tanah.

Danramil 0815/11 Pungging Kapten Arh Aris Tiyono yang turun langsung dalam karya bakti mengatakan, longsornya plengsengan tanggul Sungai Sumber Pasinan ini disebabkan curah hujan dengan intensitas cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir di wilayah Pungging dan Pegunungan Trawas sehingga debit air meningkat dan menggerus plengsengan sungai sepanjang kurang lebih 15 meter dengan kedalaman 3 meter.

“Selain itu terjadinya penyumbatan pada klep pintu air Sungai Sumber Pasinan menuju Kali Sadar akibat rumpun bambu dan dahan pohon, juga menjadi penyebab longsornya plengsengan tersebut,”imbuhnya.

Upaya penanggulangan pasca longsornya plengsengan tanggul Sungai Sumber Pasinan ini sifatnya segera dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kerugian yang lebih besar akibat meluapnya Sungai Sumber Pasinan.

Untuk mempercepat pembenahan, hasil koordinasi dengan Camat Pungging dan Dinas terkait maka dilaksanakan melalui karya bakti yang melibatkan unsur TNI dari Koramil 0815/11 Pungging, TRC BPBD, Perangkat Desa dan warga masyarakat,” jelas Danramil.

Tampak pula dalam karya bakti tersebut antara lain,  Kepala Desa Balongmasin Ulis Sumardi, Babinsa Desa Balongmasin Serda Marhawi beserta 10 orang anggota Koramil Pungging, Kepala Dusun Pungging Krisik, Naim dan Perangkat Desa Balongmasin.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: abn.