HETANEWS

Rekomendasi Izin Galian C di Sipispis Atas Nama Heru Disinyalir Palsu

Tampak lokasi sungai berbatu koral yang akan dibuka menjadi Galian C, di Desa Rimbun yang menggunakan rekomendasi "palsu".

Sergai, hetanews.com- Surat keterangan (rekomendasi) yang dikeluarkan oleh Pemerintahan Desa Rimbun, Kecamatan Sipispis, sebagai dasar untuk pengurusan izin Galian C diduga palsu.

Surat keterangan bernomor: 18.46.11/545/69/2017 yang diterbitkan, pada bulan Oktober 2017 itu, ternyata isinya "fiktif", tidak sesuai yang diterangkan dengan faktanya.

Surat keterangan tersebut, menjelaskan Heru Suhanda Saragih (HSS), usia 21 Tahun, warga Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai adalah pemilik usaha pertambangan (Galian C), di Dusun 2, Desa Rimbun. Dalam surat rekomendasi ini, HSS akan melakukan perpanjangan izin.

Padahal atas nama yang tertera disurat keterangan itu, sama sekali tidak mempunyai lahan dan tidak mempunyai usaha pertambangan di daerah itu.

Sementara itu, Kepala Desa Rimbun, Sariaman Damanik, ketika dikonfirmasi  hetanews.com, di kediamannya, terkait isi surat keterangan tersebut, mengakui ada kesalahan. Kades juga merasa heran dan menjelaskan, bahwa dia tidak tahu isi surat keterangan tersebut.

"Anak itu kukenal pun enggak itu. Surat itu bukan aku yang buat. Surat itu (lengkap dengan kop surat logo Pemerintah Daerah) mereka yang buat. Waktu itu mereka (calo-red) datang sore ke rumah, surat itu udah ada. Aku cuma neken aja, makanya aku heran kok ada perpanjangan? Ungkapnya.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sergai, melalui Junaedi, Kabid Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana, ketika dikonfirmasi hetanews.com, Senin (14/1/2019), pukul 09.00 WIB, menjelaskan, "Itu wewenangnya kan desa, coba konfirmasi sama desa. Kalau menurut dia (desa) ada kesalahan, berarti orang itulah yang salah berarti,"tegas Kabid.  

Penulis: dmk. Editor: gun.