HETANEWS

Jokowi Pastikan Penghasilan Perangkat Desa Setara PNS dan Dapat BPJS

Presiden Joko Widodo. (foto/net)

Jakarta, hetanews.com-Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendadak beraudiensi dengan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Dalam sambutan, Jokowi meminta anggota PPDI tidak melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka Jakarta.

Minggu (13/1), ratusan anggota PPDI Ponorogo berangkat ke Jakarta untuk melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka. Mereka ingin menagih janji Jokowi meningkatkan penghasilan perangkat desa setara PNS golongan IIA.

"Enggak usah demo depan istana, ini musim hujan," kata Jokowi, Senin (14/1).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini memastikan tuntutan PPDI agar pemerintah meningkatkan penghasilan perangkat desa setara PNS golongan IIA sudah dikabulkan. Keputusan diambil setelah Jokowi berdiskusi dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menpan RB.

"Sudah kita putuskan bahwa penghasilan tetap perangkat desa segera disetarakan dengan golongan IIA," tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga mendengar keluhan PPDI soal Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Jokowi mengatakan, PP tersebut akan segera direvisi.

"Saya sudah perintah paling lama dua pekan setelah ini. Jadi bapak ibu sekalian, ditunggu dua minggu akan segera dikeluarkan revisi PP sehingga bisa dilaksanakan," ucapnya.

Jokowi kemudian menyampaikan bahwa dalam waktu dekat perangkat desa akan mendapat jaminan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

"BPJS akan diberikan kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa. Jadi, setelah kita bertemu di sini bapak ibu tak usah demo depan Istana," pungkasnya.

sumber: merdeka.com

Editor: sella.