HETANEWS

Kerusakan Badan Jalan Gereja Ulubius Butuh Perhatian Serius Pemkab Tobasa

Salahsatu Badan Jalan Gereja Ulubius mengalami kerusakan. (Foto : Aldy)

Tobasa,hetanews.com- Jalan rusak menuju wisata Pantai Pasifik, Desa Patane IV, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), harus menjadi perhatian Pemkab Tobasa. 

Jemba Manurung, pengendara sepeda motor yang juga warga Desa Patane IV,  mengatakan, kerusakan yang dialami badan jalan milik Kabupaten Tobasa, di jalan Gereja Ulubius itu, butuh perhatian serius dari pihak Pemkab. 

Jika tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan dapat meningkatkan angka kecelakaan  bagi pengguna jalan.  Dan  juga memperlambat  keluarnya hasil  pertanian masyarakat, katanya.  

“Saya hampir setiap hari melintasi jalan tersebut, sehingga hafal betul terhadap kondisi lubang yang cukup dalam. Namun, bagi pengendara yang belum pernah melintasi jalan tersebut, tentu sangat membahayakan. Apalagi bila melintasinya di malam hari,” ujar Jemba, Sabtu  (12/1/2019), lalu.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sepanjang Jalan Gereja hingga  jalan Lumban Manurung, tampak dipenuhi lubang, pada bahu jalan. Selain jalan utama menuju  pantai tersebut,  juga sebagai akses penghubung antar Kecamatan Porsea dan Kecamatan  Uluan. 

Iin Pasaribu,  warga  lainnya menambahkan, selama ini memang ada satu dua pengendara yang mengalami luka-luka akibat terperosok pada lubang, di jalan tersebut. Namun, bila tidak segera diperbaiki, serta sejumlah lubang di jalan tersebut akan semekain melebar dan semakin dalam.

“Pokonya, paling menakutkan, kalau mau melintasi jalan tersebut. Sebab kalau tidak hat-hati, maka saya akan terjatuh kebadan jalan,” tuturnya.

Memanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tobasa, Darlin Sagala, mengaku,  dalam  tahun 2019 ini, perbaikannya akan segera dilakukan. Namun, sebelum perbaikan dilakukan, ia berharap bagi para pengendara yang melintasi jalan tersebut, untuk tetap berhati-hati.

“Beberapa bulan kedepan, proses lelang proyek perbaikan jalan tersebut akan segera dilaksanakan. Kemungkinan, sekitar pertengahan tahun ini, pelaksanaan perbaikannya, sudah bisa dilakukan pihak rekanan pemenang lelang,” tuturnya. 

Penulis: aldy. Editor: gun.