Mon 21 Jan 2019
CITIZEN JOURNALISM

Pelatihan Kepemimpinan Linmas, Simak Materi Danramil 0815/12 Ngoro

Danramil 0815/12 Ngoro Kapten Chb Djenal Abidin Saat Memberikan pembekalan Angota Linmas Desa Candiharjo, Jum’at (11/01/2019).

Mojokerto, hetanews.com-  Peran Linmas Dalam Menjaga Stabilitas Keamanan Lingkungan menjadi topik utama Danramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto Kapten Chb Djenal Abidin saat menjadi pemateri pada Pelatihan Kepemimpinan Linmas Desa Candiharjo Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (11/01/2019).  

Lebih lanjut Danramil 0815/12 Ngoro Kapten Chb Djenal Abidin menjelaskan tentang tugas Linmas, diantaranya membantu dalam penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi; membantu keamanan, ketentraman  dan ketertiban masyarakat; dan membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dalam keadaan tidak terjadi bencana, lanjut Danramil, Linmas dapat diberikan tugas membantu aparat pemerintah dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu/Pemilukada.

Masih papar Danramil, untuk fungsi Linmas, yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat; Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda; Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

“Fungsi Linmas juga memberikan perbantuan kepada Pemerintah Daerah, Kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum; Perbantuan kepada TNI dalam upaya Pertahanan Negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di Desa/Kelurahan,” jelas Danramil.

Sebelum mengakhiri materinya, Kapten Chb Djenal Abidin menegaskan, untuk menciptakan ketertiban, ketentraman dan keamanan di lingkungan, Linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi Kepala Desa setempat selaku pengendali langsung Linmas.

“Melalui pelatihan ini diharapkan Satuan Linmas Desa Candiharjo akan semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam menjaga stabilitas keamanan lingkungan,”ungkapnya.  

Sementara Camat Ngoro Muhammad Hidayad, SH., MM., berharap dengan adanya pembekalan dari Forpimka dan Pelatihan Kepemimpinan Linmas bisa mejadikan Linmas Desa Candiharjo lebih disiplin dan lebih kompak dalam hal kebaikan demi keamanan dan kenyamanan Desa Candiharjo.

Pada kesempatan tersebut, Wakapolsek Ngoro AKP Sodiq, dalam materinya menyinggung tentang pengamanan Pemilu mulai dari pendistribusian kotak suara sampai dengan selesai, Satuan Linmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas  jaga 1 x 24 jam di Balai Desa masing-masing.

Di awal acara, Kades Candiharjo, Narto, menyampaikan,  pihaknya sudah mengagendakan kegiatan pelatihan bagi anggota Linmas Desa Candiharjo dengan mengundang Forpimka Ngoro untuk memberikan pengarahan sekaligus pembekalan materi, sehingga anggota Linmas lebih baik, disiplin dan semangat. 

“Selama ini Desa Candiharjo sudah tertib, aman dan kondusif, dan dengan adanya pembekalan ini diharapkan akan lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah Desa Candiharjo,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan sekitar 35 orang, antara lain Babinsa Candiharjo Serka Suratin, Bhabinkamtibmas Candiharjo Bripka Kukuh, Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan Linmas Desa Candiharjo, Somo, Danton Linmas Desa Candiharjo, Jasmadi beserta 20 orang Anggota Linmas.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: abn.