HETANEWS

Pelaku Usaha Kecil di Samosir Meradang, Omset Menurun Pasca Libur Natal

Objek wisata Pantai Pasir Putih Parbaba tampak sepi pengunjung. (foto/stm)

Samosir,hetanews.com- Kunjungan objek wisata Pantai Pasir Putih Parbaba tergolong sepi, pasca libur Natal dan Tahun Baru.

Kondisi itu, terpantau oleh awak media pada saat melakukan monoring ke lapangan, sebelum tanggal 25 Desember 2018, lalu. Sepinya para pengunjung ini, juga dirasakan beberapa pengusaha dagang, di pinggir Pantai Pasir Putih.

Apakah ini faktor ekonomi yang lemah bagi pengunjung yang ingin beriwisata ke Samosir atau masih adanya rasa trauma yang dirasakan masyarakat di luar Samosir, pasca enam bulan lamanya tragedi tenggelamnya KMP Sinar Bangun, pada 18 Juni 2018, lalu. Yang menelan ratusan nyawa manusia.

Objek wisata Pantai Pasir Putih Parbaba tampak sepi pengunjung. (foto/stm)

Pantas Simarmata, selaku warga Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan, ketika dikonfirmasi via telepon, mengatakan, sepinya kunjugan wisata dan turunnya omset sebanyak 50% sampai 60%, di kabupaten Samosir, pada beberapa hari yang lalu, diakibatkan adanya longsor jalan lintas, jembatan  Kembar. Begitu juga omset penginapan sepi, ujar Pantas.

Kedepan, pemeritah daerah harus memikirkan terobosan - terobosan yang baru agar Samosir jangan sepi dikunjungi oleh tamu dari luar, apalagi baru - baru ini, kita juga dikejutkan dengan adanya tenggelamnya kapal Sinar Bangun di Danau Toba ini yang menimbulkan rasa trauma yang masih membekas, di benak pikiran saudara - saudara kita, di luar sana, ungkapnya.

Penulis: stm. Editor: gun.