HETANEWS

Annual Fee PT. Inalum, Sekda: Mereka Hitung Sendiri Kok

Sekda Provsu, Hj. Sabrina. (foto/david)

Medan, hetanewes.com - Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara, Sabrina menyampaikan, bahwa pembagian annual fee PT Inalum sudah diperhitungkan terlebih dahulu, namun tidak menutup kemungkinan daerah yang mendapatkan bagian kecil untuk meminta lebih, Rabu (9/1/2018).

"Saya bilang, kesimpulannya kita cuman memberikan dan menjelaskan apa yang menjadi dasar dan peraturan. Mereka hitung sendiri dan memahaminya kok. Kalau ada masukan untuk perubahan itu boleh-boleh saja kok," kata Sabrina saat ditemui hetanews.com di gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan.

Menurutnya, pembagian sudah terlebih dahulu didasari oleh daerahnya masing-masing. Kemudian Sabrina juga mengatakan, bahwa pembagian dibagikan kepada tiap-tiap daerah berdasarkan aturan yang sudah ditentukan.

"Dasarnya itu juga. Ada pajak pusat, pajak provinsi dan kabupaten/kota, kalau ini masuk kategori mana. Aturan main untuk pajak provinsi bagiannya mana-mana saja seperti itu," katanya. 

Baca juga: Pembangunan Tak Merata, Tokoh Muda Taput Ini Kritik Kebijakan Gubsu

Terkait surat edaran berisi daftar besaran pembagian dana annual fee PT. Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum kepada kabupaten/kota yang sempat beredar, Sabrina, tidak membantah kebenarannya. Menurutnya, surat edaran itu belum menjadi sebuah keputusan resmi Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Belakangan sempat terjadi perdebatan hangat, terlebih setelah muncul protes keras sejumlah pihak. Kemudian, Sabrina, menggelar pertemuan dengan seluruh sekretaris daerah kabupaten/kota atas imbauan Badan Anggaran DPRD Sumut. Pertemuan dimaksudkan guna memberikan pemahaman.

Pada pertemuan tersebut pihaknya menjelaskan dasar perhitungan pembagian annual fee adalah peraturan pemerintah, peraturan daerah serta peraturan gubernur. 

Penulis: david. Editor: anto.