HETANEWS

Kapolres Singgung Kinerja Dishub Siantar: Jalan Kok Dibuat Parkir, Kayak Tidak Pendidikan Saja

AKBP Heribertus Ompusunggu saat menghadiri acara di Lapangan Adam Malik, beberapa waktu lalu. (foto/hza)

Siantar, hetanews.com – Polisi menyinggung kinerja Dinas Perhubungan terkait ruas jalan yang ‘disulap’ menjadi lahan parkir di inti Kota Siantar hingga minusnya PAD dari sektor itu. Polisi pun mengusulkan agar diberlakukan sistem parkir per jam sehingga mampu menambah PAD dari sektor parkir.

"Lamban kinerja Dishub ini. Seharusnya parkir itu per jam. Itu peraturannya, malu kita kok dilihat orang lain. Kenapa jalan dibuat parkir. Kayak tidak berpendidikan saja. Enggak tepat lah, masa jalan dijadikan lahan parkir," ujar Kapolres AKBP Heribertus Ompusunggu ditemui di Mapolres, Selasa (8/1).

Baca juga: Kapolres Siantar Selidiki Minusnya Retribusi Parkir Bahu Jalan Dinas Perhubungan

Polisi memiliki data bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir minus tiap tahunnya, yakni dari target sekitar Rp 120 Miliar. Untuk itulah menurut Kapolres, penerapan parkir per jam diyakininya mampu menutupinya.

“Terlalu gampang buat lahan parkir. Nanti kembali cepat itu (retribusi). Iya kan? sudah saatnya, sekarang parkir berjam-jam cuma Rp 2 ribu loh, makanya laporan LKPJ-nya (Dishub) terlalu minus PAD dari parkir, setiap tahun tetap minus PAD dari parkir,” kata Heribertus.

Baca juga: Parkir Dilarang, SBSI Siantar Minta Polisi dan Dishub Selesaikan Keluhan Jukir

Polisi sebelumnya membuat aturan larangan parkir di Jalan Sutomo dimulai dari depan Apotik Simalungun hingga Bank Mestika. Namun larangan ini mendapat keluhan dari juru parkir yang mengaku berujung kurangnya setoran.

Senada dengan Kapolres, Waka Polres Kompol Amakhoita Hia mengatakan kalau penempatan zona parkir tersebut merupakan hal yang sudah menyalahi aturan. "Melanggar hukum untuk mendapatkan uang. Itu salah," ujarnya menimpali.

Penulis: hza. Editor: bt.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.