Sat 23 Mar 2019
Menyambut HUT Hetanews.com ke 5, kami membuka peluang terhadap jurnalis-jurnalis muda (usia 21-31) untuk bergabung dengan kami di seluruh wilayah Sumatra Utara (Sumut).
Kirim lamaran dan CV ke alamat Redaksi di Jalan Narumonda Atas No 47, Pematangsiantar-21124, Tel (0622-5893825) HP: 082167489093 (Reni)/ 082274362246 (Tommy Simanjuntak) atau Email: redaksihetanews@gmail.com. Pengumuman ini berlaku dari 7 Maret sampai 7 April 2019. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Masyarakat Desa Sintong Marnipi Terima Bantuan Ternak dari TPL

Salah seorang warga penerima bantuan ternak dari TPL. (foto/aldy)

Tobasa, hetanews.com - Sebanyak 100 kepala keluarga (KK) di Desa Sintong Marnipi, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) kembali menerima bantuan ternak dari PT. Toba Pulp Lestari,Tbk (TPL). 

“Benar hari ini kita menerima bantuan ternak 25 ekor dari TPL untuk masyarakat desa sintong marnipi,” terang Kasi Pemerintahan Desa, Pintor Sibarani saat menerima bantuan ternak di kantor Kepala Desa Sintong Marnipi. 

Staff Pemberdayaan Masyarakat TPL, Meriah Tinambunan berharap bantuan ternak yang diberikan mampu dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. “Perusahaan mencoba memberikan sumbangsihnya terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah program pembagian ternak ini,” ujar Meriah. 

Meriah juga menerangkan bahwa pembagian ternak ini dilakukan terhadap kelompok  agar pemanfaatannya tidak hanya kepada individu. Bantuan ternak yang diberikan oleh TPL ini adalah jenis ternak “Babi Landrace” yakni babi jenis peternak. 

“Ternak yang diberikan perusahaan merupakan ternak yang mampu melahirkan 2 kali dalam setahun dengan minimal 8 ekor anak untuk setiap kelahiran,” terang Meriah.

Pembagian ternak tersebut merupakan program lanjutan setelah TPL juga memberikan ternak kepada masyarakat Desa Sintong Marnipi beberapa bulan sebelumnya. Selain itu, TPL juga memberikan pelatihan kepada para peternak agar mampu meningkatkan hasil perternakan.

Salah seorang tokoh masyarakat, Binsar Gultom yang juga mantan Kepala Desa Sintong Marnipi mengapresiasi bantuan dari TPL ini dan berharap agar masyarakat mampu meningkatkan perekonomiannya dengan bantuan ini. 

“Bantuan TPL ini sangat baik bagi masyarakat, kita pun masyarakat harus mampu memanfaatkannya untuk pertambahan ekonomi. Jangan langsung dijual,” pesan Binsar.

Setelah penyerahan secara simbolis di kantor kepala desa, ternak bantuan TPL dihantarkan langsung ke rumah-rumah masyarakat yang sebelumnya telah disurvey.

Penulis: aldy. Editor: anto.