HETANEWS

Jangan Sampai Pemuda Terjerumus Politik Uang

Susasan kegiatan diskusi di Pininta Cafe, Minggu 23 Desember 2018.

Siantar, hetanews.com - Tingginya angka Golput (Golongan Putih) dalam pemilu merupakan bentuk kekecewaan masyarakat pada kinerja pemerintah. Akan tetapi tindakan tersebut bukanlah menjadi solusi malah justru merugikan.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Siantar, Daniel M Dolok Sibarani pada diskusi yang digelar Mata Publik, Minggu 23 Desember 2018 di Pininta Cafe. Diskusi ini mengambil tema, Golput solusi atau tradisi.

Menurutnya, dengan tingginya angka golput dapat berpotensi dimanfaatkan oleh oknum untuk mengambil keuntungan tertentu.

"Ketika angka golput tinggi, berarti tingkat kepercayaan publik rendah. Saat ini blackcampaign mencoba mendekati masyarakat dan menawarkan politik yang tidak sehat," jelasnya.

Saat diskusi disinggung mengenai angka Golput di SUMUT masih menjadi yang tertinggi di antara propinsi lainya. 

Untuk itu, Baswaslu dan KPU Siantar akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun pemilih pemula yang memiliki jumlah yang begitu signifikan.

Dilain sisi, Critian Silitonga menilai keadaan Golput ini terjadi diakibatkan ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

"Situasi ini yang harus di pahami oleh pemuda, jangan sampai pemuda terjerumus pada politik uang dan politik identitas, sebaliknya pemuda harus keluar dari kecendurang ini" sebutnya.

Masih tentang Golput, Tigor Muthe mengingatkan pentingnya mengkonsumsi media. Kata dia, memasuki era digital saat ini pemilih pemula sering kali di hadapkan pada informasi yang tidak benar. 

"Verifikasi informasi yang di dapat sangatlah penting guna memastikan kebenaran informasi, baik isi informasi ataupun sumber informasi" pungkasnya.

Ditempat yang sama, Dilla Pohan salah satu peserta diskusi mengatakan, sebagai pemilih pemula dia merasa senang mengikuti diskusi tersebut.

Melalui diskusi, ia dapat mengetahui banyak hal, termasuk pentingnya mengenali para pemimpin sebelum memilih, serta menghindari politik yang tidak sehat.

Diskusi dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Siantar, Sepriandison Saragih, Pengamat Politik Cristian Silitonga, Wartawan Senior Tigor Muthe, serta akademisi Dr. Hilman Pardede. (Release)

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.