HETANEWS

Sebut DLH Sergai Lamban, Warga Sweping Galian C Milik Sakban Saragih

Warga Desa Serbananti ketika menyweping lokasi galian c milik Sakban Saragih. (foto/dmk)

Sergai, hetanews.com - sekitar 40 warga Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai melakukan aksi sweping ke lokasi galian c milik Sakban Saragih, warga Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai.

Aksi sweping ini sebagai bentuk protes warga terhadap penambangan galian c yang beroperasi di desa mereka. Padahal, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sergai telah mengeluarkan surat resmi meminta Sakban Saragih memperbaiki kerusakan dinding sungai dengan pemasangan bronjong sepanjang wilayah yang terjadi kerusakan. Mereka juga menganggap DLH lamban dalam mengatasi masalah ini. 

"Kalau tidak kami yang menjaga dan merawat lingkungan (sungai) kami siapa lagi. Jika tidak dibawa alat beratnya ini pulang, jangan salahkan kami kalau berbuat nekat," ancam warga yang melakukan sweping. 

Untuk mengantisipasi adanya terjadi anarkis personel Polsek Sipispis turun ke lokasi dan bertemu dengan Kepala Desa Serbananti, Darmen Tua Sinaga. 

Sementara itu, pemilik galian c Sakban Saragih belum dapat dikonfirmasi. Meskipun ketika dihubungi terdengar nada dering panggilan masuk.

Penulis: dmk. Editor: anto.