HETANEWS

Inilah Pebulutangkis Hebat Dunia Korban Angkernya Final Tur BWF 2018

China, hetanews.com - Ada sebuah fakta penting yang terjadi di perhelatan BWF World Tour Finals 2018 atau Final Tur BWF. Yakni tentang Juara Dunia dan pemain unggulan yang jadi korban keangkeran turnamen tahunan ini.

Dari lima kategori yang dipertandingan di lapangan utama Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China, 12 -16 Desember 2018, ternyata hanya satu saja unggulan pertama yang naik ke podium juara. Yaitu, dari ganda putri melalui pasangan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Sedangkan 4 unggulan lainnya gagal jadi juara, seperti ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon; ganda campuran Zheng Siwei/Huang Yaqiong; tunggal putra Chou Tien Chen dan tunggal putri Tai Tzu Ying.

Untuk diketahui, lima unggulan yang berlaga di BWF World Tour Finals 2018 adalah mereka yang berstatus sebagai pemegang ranking 1 versi Tour BWF.

Tak cuma unggulan pertama, unggulan kedua dan ketiga dari 4 kategori itu juga tak ada yang bisa jadi juara lho.

Di tunggal putra misalnya, yang jadi juara adalah ranking 4 Tour BWF, Shi Yuqi. Sementara ranking 2 dan 3 yakni Juara Dunia 2018, Kento Momota dan Tommy Sugiarto hanya gigit jari.

Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Begitu juga di tunggal putri, malahan di kategori ini, yang juara ialah pemegang ranking 6 Tour BWF, Pusarla V Sindhu. Lima pemain yang rankingnya di atas Sindhu, semuanya kandas. Padahal kategori ini merupakan yang paling ketat.

Tai Tzu Ying tak dapat melaju ke final karena cedera. Sebelumnya Juara Dunia 2018, Carolina Marin juga gagal tampil di BWF World Tour Finals 2018 karena cedera.

Hal yang sama juga terjadi di kategori ganda putra, juaranya adalah pemain yang tidak masuk ranking 8 besar Tour BWF, yaitu Li Junhui/Liu Yuchen. Mereka lolos ke BWF World Tour Finals 2018 karena mengantongi wild card sebagai Juara Dunia 2018.

Dan, Li/Liu juga merupakan satu-satunya Juara Dunia yang bisa menjuarai BWF World Tour Finals.

Ada-ada saja yang terjadi di kategori ini, The Minions harus mengundurkan diri karena cedera. Dan yang lainnya bergugur sebelum fase semifinal.

Yang paling tragis tentu di kategori ganda campuran, Juara Dunia 2018 sekaligus pemegang ranking 1 dunia dan ranking 1 Tour BWF, dihancurkan rekan senegaranya di final. Ya, Zheng/Huang dibuat tak berdaya dikalahkan Wang Yilyu/Huang Dongping.

Misaki/Ayaka menjadi satu-satunya unggulan yang juara. Padahal unggulan kedua di kategori ganda putri Mayu Matusumoto/Wakana Nagahara berstatus pemegang gelar Juara Dunia 2018.

sumber: viva.co.id

Editor: sella.