HETANEWS

KPU Siantar Gelar Sosialisasi, Tingkatkan Peran Disabilitas dalam Pemilu

Sosialisasi yang digelar KPU Siantar, di Kantor Dinas Sosial UPT Provinsi Sumut, Jalan Sisingamangaraja Siantar. (foto/gee)

Siantar,hetanews.com- Pihak KPU Siantar sosialisasi pendidikan pemilih disabilitas, dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, di kantor Dinas Sosial Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Sumut, Kamis (20/12/2018) siang.

Acara ini dihadiri sebanyak 40 penyadang tuna rungu, wicara dan lanjut usia, bersama dengan pengurus Dinas Sosial UPT Provinsi Sumut. Kegiatan sosialisasi ini disampaikan oleh Nurbaiyah Siregar, selaku narasumber.

Pada kesempatan itu, Komisioner KPU Siantar, Nurbaiyah, memaparkan pentingnya partisipasi pemilih dan pemahaman tentang Pemilu, yang akan digelar secara serentak, pada 17 Juli 2019 mendatang.

Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan partisipasi penyandang disabilitas, dan untuk meningkatkan pengetahuan mereka, tentang pemilu 2019. 

Didalam sosialisasi ini, juga disampaikan tata cara pemilih yang merupakan penyandang disabilitas, mengunakan hak pilihnya, serta tata cara mencoblos yang benar sesuai dengan peraturan yang berlakum

"Saya juga menyampaikan agar mereka tidak terlibat money politik,dan tidak diintervensi siapapun dalam mementukan pilihannya, "kata Nurbaiyah Siregar.

Dengan itu, harapnya, pemimpin yang berkwalitaslah yang terpilih untuk memimpin selama lima tahun kedepan.

"Saya juga menyampaikan jenis surat suara yang nantinya akan mereka terima. Siapa saja yang memiliki hak untuk memilih, dan bagaimana jika seseorang pindah memilih,"jelasnya.

Sosialisasi ini, menjelaskan, lebih rinci terkait prosedur dalam menggunakan hak pilih pada pesta demokrasi nanti. 

"Kami sampaikan juga supaya mereka melihat papan pengumuman terlebih dahulu, sebelum memasuki TPS, sehingga mempermudah mereka ketika memilih di dalam bilik suara nantinya,'' jelasnya mengakhiri.

Penulis: gee. Editor: gun.