HETANEWS

Jembatan Ambrol, Akses Transportasi Bireuen-Takengon Aceh Lumpuh

Jembatan yang menghubungkan Kabupaten Bireuen dengan Takengon, Aceh Tengah, ambrol. Foto: Agus Setyadi/detikcom

Aceh,hetanews.com- Jembatan yang menghubungkan Kabupaten Bireuen dengan Takengon, Aceh Tengah, ambrol. Ambrolnya jembatan itu mengakibatkan arus lintas di sana lumpuh total.

"Akses jalan Bireuen-Takengon lumpuh total. Jembatan ambrol Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, akibat diterjang longsor," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek kepada wartawan, Kamis (20/12/2018).

Jembatan itu putus sejak Rabu, 19 Desember, sekitar pukul 17.25 WIB. Namun hari ini bagian jembatan jatuh ke sungai, sehingga tidak dapat dilalui sama sekali. Sedangkan jalan 200 meter dari jembatan tersebut juga ambles.

"Sekarang sedang dilakukan penanganan," jelas Dadek.

Banjir dan longsor di Bener Meriah terjadi setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras sejak beberapa hari. Hujan deras mengakibatkan debit air sungai tinggi sehingga terjadi banjir. Dua rumah ikut amblas akibat longsor.

"Di lokasi, longsor juga menyebabkan dua unit rumah amblas," ungkapnya.

Kapolsek Wih Pesam Ipda M Nasir mengatakan bencana ini terjadi akibat curah hujan di Kecamatan Bukit dan Wih Pesam sangat tinggi. Debit air sungai dari arah Bandara Rambele hingga Kampung Jamur Ujung semakin besar dan mengikis tiang jembatan dan dinding penyangga sehingga jembatan tersebut putus total.

Polisi dibantu aparat kampung setempat kemudian ke lokasi untuk melakukan pengamanan. Mereka juga mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya di sekitar jembatan atau aliran sungai itu agar sementara waktu mengungsi ke tempat lebih aman.

Imbauan itu disampaikan lantaran longsor di aliran sungai tersebut terus meluas.
 

Sumber: Detik.Com

Editor: gun.