HETANEWS

Pemko Tebingtinggi Terima Penghargaan APE 2018 di Istana Wapres RI

Walikota Tebingtinggi menerima penghargaan APE 2018 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise di Istana Wapres RI, Rabu (19/12/2018). (foto/rps)

Tebingtinggi, hetanews.com - Pemerintah Kota Tebingtinggi menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018 dari Wapres RI yang diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise. Penghargaan itu diterima langsung oleh Walikota Tebingtinggi, H. Umar Zunaidi Hasibuan di Istana Wapres RI, Rabu (19/12/2018) malam.

Disampaikan Kepala Dinas PP PA Tebingtinggi, Nina Zahara melalui Kabag Humas PP, H. Abdul Halim Purba, Kamis (20/12/2018) pagi, penghargaan ini diterima setelah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama tim independen melaksanakan evaluasi Pelaksanaan Pengarustamaan Gender (PUG) tahun 2018. Hasilnya, Kota Tebingtinggi berhasil memperoleh penghargaan APE bersama beberapa kabupaten/kota di Indonesia.       

Dalam kesempatan itu, Walikota Tebingtinggi, H. Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan terima kasihnya atas penerimaan penghargaan tersebut. Prestasi ini tidak terlepas dari peran serta segenap elemen dan warga Kota Tebingtinggi. "Kita layak bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, ini semua hasil upaya koordinasi yang baik diantara OPD di Kota Tebingtinggi, dan tentunya apa yang sudah dilakukan tidak boleh berhenti sampai di sini saja, masih panjang lagi tugas-tugas ke depan," ujarnya.         

Penghargaan APE ini hanya dapat diberikan kepada pemerintah daerah yang mampu menunjukan komitmen tinggi dalam pelaksanaan PUG di daerah. Untuk itu Umar berharap PP dan PA Tebingtinggi terus melakukan kreatifitas dan inovasi dalam mensukseskan pelaksanaan PUG ke depan. Sebab, penghargaan yang diterima ini bukanlah segala-galanya. Ada hal yang lebih penting lagi yakni menjawab tantangan kesenjangan gender di Kota Tebingtinggi, dan hal itu tantangan terberat buat Dinas PP dan PA sebagai leading sektor.         

"Kita tidak boleh berhenti sampai di sini dan merasa puas atas penghargaan yang diterima. Kerja dan tugas ke depan semakin berat, karena mempertahankan itu lebih sulit daripada merebutnya, kerja sama, koordinasi OPD dan antar instansi harus terus ditingkatkan" 

"Penghargaan APE yang diterima ini adalah untuk masyarakat Kota Tebingtinggi dan tentunya kita akan tetap terus berupaya memperoleh prestasi di bidang lainnya. Itu bisa diraih jika kita mau bekerja keras dan bersama-sama membangun Kota Tebingtinggi," tegas Umar.       

Selain memperoleh penghargaan APE, Dinas PPPA-KB Kota Tebingtinggi juga memperoleh bantuan mobil dan motor perlindungan dari Kementerian PPA yang akan diserahkan pada puncak peringatan Hari Ibu Nasional di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. 

Penulis: rps. Editor: anto.