HETANEWS

Terdapat Nomor Rekening Bank, Data Penerima BPNT Batal Diberikan

Sejumlah warga yang tergabung dalam Formikom berdialog dengan Pimpinan Cabang BRI Siantar, Sufiani Jalil. (foto/gee)

Siantar,hetanews.com- Forum Orang Miskin (Formikom), kecewa dengan pimpinan cabang BRI Kota Siantar, yang sempat memberi janji untuk memberikan data BPNT Kota Siantar, ketika berdialog di hadapan sejumlah warga, di kantor BRI Cabang Siantar, Selasa (18/12/2018) siang lalu.

Sufiani Jalil, pimpinan Cabang BRI Siantar, akhirnya memberikan penjelasan, penyebab batalnya pemberian data tersebut. Ia mengatakan, data tersebut tidak boleh diberikan, karena terdapat nomor rekening di setiap nama penerima bantuan. 

"Datanya gak bisa kita berikan, karena datanya menyangkut ada nomor rekeningnya, itu rahasia bank. Jadi data yang lengkap itu ada di Dinsos," kata Jalil, Rabu (19/12/2018).

Lipen Simanjuntak, yang dikonfirmasi terpisah, menuding tidak diberikannya data Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kota Siantar itu, dikarenakan kehadiran Kadis Sosial P3 A, Pariaman Silaen yang datang ke kantor Bank BRI, pada hari yang sama.

"Datang kemarin Kadis Sosial ke situ, dibilangnya supaya jangan dikasih data BPNT itu. Kami bilang, sama orang BRI itu, kami tunggu - tunggu sampai sore, rupanya gak ada dikasih data itu," ujar Lipen.

Sufiani Jalil, membantah tudingan yang disampaikan Kordinator Formikom, Lipen Simanjuntak. Pimpinan BRI Cabang Siantar ini, menegaskan, kedatangan Kadis Sosial P3 A tidak berhubungan dengan hal tersebut.

"Oh bukan, tidak ada itu, cuman saya minta tolong kepada beliau, nama penerima BPNT, dia bilang sudah ada di kelurahan, gak ada hubungannya," ujarnya.

Dilain sisi, Pariaman Silaen yang disinggung mengenai hal itu, mengakui kehadirannya ke kantor Bank BRI saat itu. Namun kata dia, kedatangannya saat itu, guna membicarakan penyaluran kartu combo.

Baca juga: Data Penerima BPNT di Siantar Bermasalah, Banyak Warga Miskin Tak Menerima

"Mohon maaf, saya tidak tau soal itu. Betul saya datang ke Bank BRI, tapi membicarakan penyaluran kartu combo, tak ada disinggung masalah Formikom," kata Pariaman, melalui pesan WhatsApp.

Sebelumnya, puluhan warga yang tidak terdaftar sebagai penerima BPNT, batal menggelar unjuk rasa ke kantor DPRD Siantar, Selasa (18/12/2018) siang, sekira pukul 11.40 WIB, lalu.

Unjuk rasa yang akan digelar oleh puluhan warga yang tergabung dalam Formikom ini, menyambangi kantor BRI Cabang Siantar. Kehadiran mereka, disambut oleh Sufiani Jalil. 

Di hadapan warga, pimpinan Cabang BRI Siantar ini bersedia memberikan data penerima BPNT di Kota Siantar. Pada saat itu, Jalil meminta waktu 3 jam untuk memprint out data tersebut, dan akan memberikannya kepada Formikom.

Penulis: gee. Editor: gun.