HETANEWS

KPU Medan Gelar Simulasi Pemungutan Suara

KPU Medan, bersama PPK dan PPS, saat menggelar simulasi pemungutan suara, pada Pemilu serentak 2019, di Hotel Hermes, Jalan Pemuda Medan, Selasa (18/12/2018). (foto/dn)

Medan,hetanews.com- Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS (Panitia Pemilihan Desa/Kelurahan), menggelar simulasi pemungutan suara, pada Pemilu serentak 2019, di Hotel Hermes, Jalan Pemuda Medan, Selasa (18/12/2018).

Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik, mengaku, bahwa PKPU tentang pemungutan serta perhitungan suara masih dalam bentuk draft. Meski berbentuk draft, ia merasa hal itu perlu disosialisasikan dengan cara melakukan simulasi.

"Biasanya draft tidak akan jauh berbeda dengan PKPU yang telah diundangkan. Memang yang resmi tunggu diundangkan, tapi perlu PPK dan PPS diberikan bimtek agar cepat memahami teknis pelaksanaan," jelasnya.

Agus menyebutkan, pelaksanaan Pemilu 2019 berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Sebab, saat ini pemilu dilakukan secara serentak, ada 5 surat suara yang akan diberikan kepada pemilih, tandasnya.

"Berdasarkan draft yang ada perhitungan suara sudah harus selesai sebelum hari berganti,"imbuhnya.

Simulasi ini, lanjut dia, juga akan mempertimbangkan ketika hari pemungutan suara terjadi hujan dan bagaimana melindungi kotak suara yang terbuat dari kardus kedap air.

"Surat suara yang telah dihitung akan dimasukkan ke dalam plastik sebelum  masuk ke dalam kotak suara. Kotak suara juga akan dimasukkan ke dalam plastik agar terlindungi,"paparnya.

Penulis: dn. Editor: gun.