HETANEWS.COM

Tak Melaporkan Keberadaan Narkotika, Ahong Dituntut 1 Kelender

Terdakwa Ahong di sel tahanan sementara PN Simalungun sebelum persidangan. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Hartono alias Ahong (29) dituntut 12 bulan penjara oleh jaksa Viktor Purba, SH., di sidang Pengadilan Negeri Simalungun, Selasa (18/12/2018). 

Warga Jalan Ir. H. Juanda, Lingkungan V, Kelurahan Tanjungbalai Kota, Kecamatan Tanjungbalai Selatan inu dipersalahkan jaksa melanggar Pasal 131 UU RI No. 35/2009 tentang  tidak melaporkan adanya tindak pidana narkotika meskipun terdakwa mengetahuinya.

Dari awal Ahong mengaku sabu tersebut bukanlah miliknya tapi milik temannya bernama Faisal (DPO), yang merupakan teman SMA dan diketahuinya sebagai pengguna sabu.

Terdakwa Ahong terpaksa ikut menemani Faisal yang bermaksud meminjam sepeda motornya. Awalnya Faisal menolak karena harus segera pulang bersama istrinya. Tapi saat istirahat makan siang di salah satu rumah makan bertemu dengan Faisal dan memaksa agar terdakwa meminjamkan sepeda motornya.

Karena takut sepeda motornya dibawa kabur dan Faisal mengancamnya, maka terdakwa rela mengantarkan Faisal. Lalu Faisal memasukkan sesuatu ke atas tutup batere sepeda motor dan ke dalam helm yang dipakai Faisal, saat ditanya terdakwa apa itu, Faisal hanya mengatakan "macam gak tahu aja kau". 

Akhirnya Faisal membonceng terdakwa menuju Ujung Padang mengendarai Yamaha Aerox milik terdakwa. Di jalan besar Parik, Kecamatan Ujung Padang mereka dihentikan petugas Polsek Bosar Maligas. 

Sedangkan Faisal turun dari sepeda motor dan langsung melarikan diri. Akhirnya terdakwa ditangkap bersama barang bukti sabu yang cukup banyak juga 4,5 butir pil extaci seberat 2 gram.

Didampingi pengacara Antoni Sumihar Purba, SH., secara lisan terdakwa minta agar hakim meringankan hukumannya. Untuk mempertimbangkannya dalam putusan, majelis hakim pimpinan Jon Sarman Saragih, SH., M.Hum., menunda persidangan hingga Kamis (27/12/2018).

Penulis: ay. Editor: anto.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!