HETANEWS.COM

Bukti Wali Kota Sebelumnya Berjuang Ciptakan Siantar sebagai Kota Toleran

Mantan Wali Kota Siantar, RE Siahaan (kiri) dan Alm Hulman Sitorus.

Siantar,hetanews.com- Indeks Kota Toleran (IKT) 2018 yang dilansir  pihak Setara Institute, menempatkan Kota Siantar, di posisi ketiga, dan di atasnya, yaitu, Kota Salatiga dan Singkawang (posisi teratas).

Jika dibandingkan tahun – tahun sebelumnya, Kota Siantar selalu berada di posisi kedua teratas dan pada tahun 2015 lalu, Kota Siantar yang juga dikenal sebagai Kota Adipura, menempati posisi pertama.

Turunnya IKT 2018 tersebut, tentu harus dievaluasi oleh pihak Pemko Siantar (Wali Kota Siantar dan jajarannya) dan termasuk DPRD Siantar.

Sudah pasti, ada faktor yang urgent atau tidak beres hingga membuat IKT tersebut menurun, meski tidak begitu drastis.

Namun bila dibiarkan tanpa dilakukan perbaikan, maka tidak menutup kemungkinan, Siantar sebagai kota toleran itu menjadi ‘goyang’ hingga tidak toleran.

Sosok Wali Kota harus lah pintar menempatkan dirinya dan harus berdiri di atas kepentingan orang banyak, tanpa terjebak masalah ego suku maupun agama.

Deklarasi Kota Siantar sebagai ‘rumah bersama’ harus didengungkan sampai ke lapisan masyarakat bawah.

Baca juga: Nama Jalan Vihara Ada, karena Kedua Sosok Ini

Karena sebagai catatan, bahwa mantan Wali Kota Siantar sebelumnya, juga telah berjuang untuk menciptakan  Kota Siantar sebagai kota toleran. 

Seperti mantan Wali Kota Siantar, RE Siahaan yang merestui pemberian nama Jalan Vihara, yang terletak di kelurahan Simalungun, kecamatan Siantar Selatan, kota Siantar.

Dan pada masanya juga, hingga dilanjutkan Alm Hulman Sitorus, Pj Wali Kota Siantar, Jumsadi Damanik (tahun 2016), Pj Wali Kota Siantar, Anthony Siahaan (tahun 2017) dan hingga Wali Kota Siantar sekarang, Hefriansyah, ada pemasangan lampion setiap perayaan Imlek dan kegiatan Imlek Fair di Siantar.

Disamping itu, kegiatan keagamaan lainnya, juga dikemas dengan baik, tanpa ada membeda-bedakan.

   

Penulis: gun. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!