HETANEWS
ADVERTORIAL

TPL Serahkan Bantuan 20 Ton Semen di Empat Gereja, Taput dan Humbahas

Suasana serah terima bantuan semen dari pihak PT TPL. (foto/aldy)

Taput,hetanews.com- Sebagai komitmen untuk mempererat hubungan dengan masyarakat, khususnya menjelang perayaan hari Natal, PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. (TPL) estate Aek Raja, menyerahkan bantuan material 20 ton semen atau sekitar 400 sak semen ke empat gereja, yakni, tiga gereja di kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan satu gereja lagi di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (13/12/2018), lalu.

Empat gereja yang menerima bantuan semen dari PT TPL, antara lain, Gereja HKBP Sabungan sebanyak 150 sak semen, HKBP Simanungkalit menerima 50 sak semen, GKLI Hasibuan sebanyak 150 sak semen, dan HKBP Sitio II menerima 50 sak semen.

Pendeta Somasni Manurung dari Gereja HKBP  Sabungan, di kecamatan Parmonangan, mengapresiasi niat baik dan kepedulian perusahaan akan bantuan terhadap gereja yang ia pimpin. “Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dan perhatian perusahaan terhadap gereja khususnya menjelang perayaan ibadah Natal dalam beberapa hari ke depan. Bantuan ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin,” ujar Somasni Manurung.

Hal senada juga diungkapkan kepala desa (Kades) Manalu, Johan Manalu, dan perwakilan jemaat HKBP Sabungan, Inten Situmeang. “Gereja ini masih dalam tahap pembangunan dan kami berterimakasih atas bantuan dari perusahaan. Mewakilli masyarakat desa Manalu dan juga jemaat kami berterimakasih,” ujar Johan Manalu.

Gereja HKBP Sabungan yang berlokasi di desa Manalu, kecamatan Parmonangan, berdiri sejak tahun 1898. Gereja yang saat ini memiliki jumlah jemaat sebanyak 150 kepala keluarga (KK) memiliki panjang bangunan 24 meter dan lebar 18 meter. HKBP Sabungan menerima 150 sak semen.

Sementara itu, PT TPL juga menyerahkan 50 sak semen kepada gereja HKBP Simanungkalit di desa Simanungkalit, kecamatan Sipoholon, Taput.

Pendeta Amir Sitorus dan Ketua Panitia Pembangunan HKBP Simanungkalit, Perluhutan Situmeang, mengapresiasi bantuan dari perusahaan. “Kami sangat mensyukuri bantuan dari PT TPL. Menyelesaikan pembangunan gereja ini adalah demi kemuliaan nama Tuhan. Semoga PT TPL menjadi perusahaan yang terus berkembang,” ujar Parluhutan Situmeang.

Sekitar 258 KK saat ini terdaftar di HKBP Simanungkalit yang telah berdiri 137 tahun. HKBP Simanungkalit memiliki panjang 50 m dan lebar 30 m.

Di tempat yang berbeda, PT TPL juga menyerahkan bantuan di GKLI (Gereja Kristen Luther Indonesia) Hasibuan yang berada di desa Hasibuan Simamora, kecamatan Pagaran, Taput dan HKBP Sitio II yang berada di desa Sitio 2, kecamatan Lintong Nihuta, Humbahas.

Ramson Simamora, Humas PT TPL estate Aek Raja, mengungkapkan, bahwa perusahaan ingin terus bergandengan tangan dengan masyarakat. “Bantuan ini merupakan bukti nyata kepedulian perusahaan dalam meningkatkan keimanan jemaat, khususnya masyarakat yang berada di sekitar wilayah konsesi perusahaan di estate Aek Raja,” ujar Ramson Simamora.

Acara serah terima bantuan ke empat gereja ini dilaksanakan oleh Humas PT TPL estate Aek Raja, Ramson Simamora dan Hendra Napitupulu serta staf Community Development (CD) Jhonny Sitohang.

Sebelumnya, PT TPL menyerahakan bantuan serupa sebanyak 470 sak atau 23,5 ton semen untuk empat gereja di Taput, yakni GKPI Hutagurgur (kecamatan Parmonangan, Taput), GPI Rangitgit (Parmonangan, Taput), Gereja Siloam Injil (Desa Lumban Purba, Humbahas) dan HKBP Hutasoit (Desa Hutasoit, Kecamatan Lintongnihuta, Humbahas).  

Penulis: aldy. Editor: gun.