HETANEWS

KPU Samosir: Dana Pembuatan TPS Naik Jadi Rp1,6 Juta

Ketua KPU Samosir, Ika Rolina boru Samosir, beserta komisoner lainnya saat memberikan masukan kepada ketua PPK dan PPS. (foto/stm)

Samosir,hetanews.com- Dana pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2019, mengalami kenaikan dari yang tadinya Rp.750 ribu per TPS, menjadi Rp. 1,6 juta. 

Hal ini disampaikan Ketua KPU Samosir, pada acara rapat koordinasi KPU Samosir dengan PPK dan Ketua PPS se-Kabupaten Samosir tentang mekanisme pengelolaan dan pendistribusian logistik dalam rangka Pemilu 2019.

"KPU RI telah menaikkan anggaran pembuatan TPS pada Pemilu 2019 menjadi Rp. 1,6 juta. Kita menyambut baik kebijakan ini, supaya para penyelenggara KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di TPS dapat menyiapkan pembuatan TPS lebih baik dan representatif. Supaya pemilih lebih nyaman, ketika masuk TPS untuk mencoblos nantinya," ujar Ketua KPU Samosir, di Aula AE Manihuruk, pada Sabtu (15/12/2018). 

Ika Samosir menambahkan, dalam distribusi logistik akan dilakukan secara terorganisir dengan memperhatikan wilayah distribusi yang ada.

Peserta yaitu PPK dan PPS tampak serius mendengarkan arahan dari komisioner KPU Samosir, di gedung AE Manihuruk. (foto/stm)

"Bagi yang tidak dapat ditempuh dengan jalan darat, akan menggunakan transportasi air, khususnya bila menyeberang danau. Daerah terpencil akan diprioritaskan distribusinya, " ujarnya. 

Jenis - jenis logistik dan pengadaannya menjadi pembahasan dengan para penyelenggara kecamatan dan desa, ditambah pengkepakan logistik dalam kotak suara.

"Harus terperinci, mana logistik pemilu yang didalam kotak suara dan mana yang di luar,"tambah Ika Samosir. 

Pada kesempatan itu, KPU Samosir memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang berprestasi se-Kabupaten Samosir. 

Ketua KPU Samosir, Ika Rolina boru Samosir usai memberikan piagam penghargaan kepada anggota PPK. (foto/stm)  

"PPK Nainggolan meraih penghargaan sebagai terbaik kategori kolektif kolegial tingkat PPK, PPK Onan Runggu terbaik sebagai kategori pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan serta PPK Ronggurnihuta sebagai PPK terbaik kategori pemutakhiran data pemilih tingkat PPK se-kabupaten Samosir," ujar Sekretariat KPU Samosir, Pahala Sinaga. 

Turut memberikan materi singkat, mantan Ketua KPU Samosir, Fernando Sitanggang yang juga Koordinator Daerah JaDI (Jaringan Demokrasi Indonesia) Samosir terkait perekrutan petugas KPPS dan potensi kecurangan, di TPS nantinya. 

Hadir pada kegiatan tersebut, komisioner KPU Samosir, Robinsar Junaidi Barus, Monang Sinaga, Gomgom Situmorang dan Barita Malau.

Penulis: stm. Editor: gun.