HETANEWS

Ribuan KTP-el Dimusnahkan, Ini Penjelasan Bupati Karo

Pembakaran KTP-el di halaman kantor Disdukcapil Karo, Jumat (14/12/2018). (foto/charles)

Karo, hetanews.com - Bupati Karo, Terkelin Brahmana melalui Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) memusnahkan 10 ribu keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) bekas dan rusak atau invalid di halaman kantor, Jumat (14/12/2018) sekitar pukul 10:00 WIB.

KTP-el yang dimusnahkan tersebut sebagai tindak lanjut surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI No. 470.13/1176 tanggal 13 Desember 2018, perihal  Penatausahaan KTP-elektronik rusak atau invalid.

“Pemusnahan ini dilakukan dengan cara dibakar, sebagai antisipasi peluang penyalahgunaan dan dilakukan secara serentak di seluruh daerah. Sebelum dimusnahkan KTP sudah kita tandai dengan cara dipotong atau digunting,” ujar Plt. Disdukcapil Karo, Drs. Indra Jaya Bangun didampingi Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Intan, Kasie Pindah Datang Penduduk, Dedy Santara Surbakti dan Pengurus Penyimpan Barang, Desi Arisandi Surbakti.

Ia menambahkan, jika nanti ada lagi KTP yang diganti karena rusak atau kadaluarsa akan langsung dibakar dengan dibuatkan berita acaranya. “Dan secara berkala kita langsung laporkan ke Mendagri,” tukasnya.

Setelah tahap I ini selesai, maka sesuai ketentuan selanjutnya pemusnahan KTP elektronik akan dilaksanakan setiap hari saat jam kerja atau setelah pulang kantor yang dibarengi dengan adminitrasi yaitu dokumen dan BAP. 

Penulis: charles. Editor: anto.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.