HETANEWS

Pengendara Motor Tewas Tertimbun Longsor di Jalur Tobasa-Labuhan Batu

Tanah Longsor di Jalur Tobasa-Labuhan Batu. (istimewa)

Tobasa, hetanews.com - Tanah longsor di wilayah Toba Samosir (Tobasa), Sumut kembali mengambil korban jiwa. Setelah terjadi di Kecamatan Pintu Pohan yang menyebabkan 8 orang meninggal dunia, 2 orang hilang, dan 5 luka-luka, bencana serupa juga menelan 1 korban jiwa di Kecamatan Nassau.

eorang pengendara sepeda motor ditemukan tak bernyawa setelah tertimbun longsor di Jalan Umum Kecamatan Nassau menuju Labuhan Batu, tepatnya di Dusun Hasang, Desa Cinta Dame, Kecamatan Nassau, Tobasa, Jumat (14/12) sekitar pukul 08.00 WIB.

"Korban meninggal dunia atas nama Muslim Nababan (42), warga Dusun Pagar Gunung, Desa Lumban Rau Timur, Kecamatan Nassau, Tobasa," kata Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Kabid Humas Polda Sumut, Jumat (14/12) malam.

Saat longsor terjadi, Muslim diduga sedang mengendarai sepeda motor Honda Megapro dengan nomor polisi BB 5335 EC menuju kawasan Kabupaten Labuhan Batu. Dia tertimpa longsoran dari tebing di tepi jalan.

Sekitar pukul 08.20 WIB, warga menemukan sepeda korban yang tertimbun material longsor di badan jalan. Tanah longsor ini juga mengakibatkan akses jalan dari Kecamatan Nassau menuju Labuhan Batu tidak dapat dilalui.

Personel Polsek Habinsaran dan Koramil 15 Habinsaran bergotong-royong bersama masyarakat untuk membersihkan material longsor dan mencari jasad korban. Upaya itu dibantu 1 unit eskavator milik PT Adi Karya.

"Sekitar pukul 14.30 Wib, jasad korban ditemukan dari di parit yang telah dibersihkan dari material longsor, dalam keadaan telungkup dan tidak bernyawa," ucap Tatan.

Jasad Muslim kemudian dibawa ke Poskesdes Hasang dan divisum. Selanjutnya jenazah diserahkan kepada keluarga.

"Sementara pembersihan bahu jalan masih dilakukan menggunakan 1 unit eskavator, agar jalan dapat dilalui kembali," tutup Tatan.

Jatuhnya korban meninggal akibat tanah longsor di Kecamatan Nassau ini menambah daftar korban akibat tanah longsor di Kabupaten Tobasa. Sebelumnya, Rabu (12/12) tengah malam, tanah longsor menimbun 4 unit rumah yang dihuni 15 orang di Desa Halado, Kecamatan, Pintu Pohan, Tobasa. Sebanyak 8 korban meninggal dunia telah ditemukan, 2 lainnya masih dalam pencarian, dan 5 orang terluka dalam peristiwa ini.

sumber: merdeka.com

Editor: bt.