HETANEWS.COM

Sosialisasi Pengawasan Pemilu, Panwaslu Lumbanjulu Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi

Ketua Bawaslu, Juniat Sitorus, didampingi Ketua Panwaslu Kecamatan Lumbanjulu, Asmon Paedede, Kordiv. PHL, Warleston Sinurat, Kordiv. PP, Olo Sirait dan Iptu. C. Sijabat saat memaparkan materi pengawasan kampanye, di Wisma Raja Daud HKBP Lumbanjulu, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir. (Foto/Nimrod Simanjuntak)

Tobasa,hetanews.com- Perhelatan akbar kontestasi politik, dalam pemilihan serentak tahun 2019 yang akan datang, merupakan even besar dalam pesta domokrasi, di Indonesia.

Untuk itu, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Lumbanjulu, menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan umum (pemilu) partisipatif,  di Wisma Raja Daud HKBP Resort Lumbanjulu, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Kamis (13/12/2018).

Melalui kegiatan ini, masyarakat diajak ikut berpartisipasi mengawasi pemilu yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari seluruh komponen masyarakat sipil Kecamatan Lumbanjulu, seperti tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama dan masyarakat umum yang turut menjadi peserta dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu ini, Ketua Bawaslu Tobasa, Junuat Sitorus, utusan Polsek Lumbanjulu, Iptu Cirus Sijabat, dan Uspika Kecamatan Lumbanjulu yang diwakili Sarman Sitorus.

Juniat Sitorus, Ketua Bawaslu Tobasa, mengatakan, salah satu fungsi pengawassn adalah fungsi pencegahan.

"Mencegah lebih baik dari pada menindak. Seperti kita ketahui bersama, tahapan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye, dan percermatan DPT hasil perbaikan II pun sedang berlangsung. Masyarakat, memiliki peran aktif dalam melakukakan pengawasan berlangsungnya tahapan demi tahapan penyelenggaraan pemilihan serentak untuk mencegah dan meminimalkan tindakan-tindakan yang melanggar aturan penyelenggaraan kepemiluan,"katanya.

Dalam sosialisasi itu disampaikan materi mengenai berbagai bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu.

Ketua Panwaslu Kecamatan Lumbanjulu, Asmon Pardede, mengatakan, tujuan kegiatan itu adalah untuk mengajak peran aktif masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019. Pasalnya, saat ini tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan, pemasangan alat peraga kampanye, masa kampanye, dan pencermatan DPT.

“Mengingat Pemilu 2019 sangat besar dan luas cakupannya, tentu Panwaslu tidaklah cukup mampu melakukan pengawasan tersebut. Karenanya keterlibatan dan peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu akan sangat membantu terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil,”kata Asmon Pardede.

Pamateri sosialisasi itu, diisi oleh Ketua Bawaslu Tobasa, Juniat Sitorus, Ketua Panwaslu Lumbanjulu, Asmon Pardede, dan komisionernya, Olo Sirait, dan Warleston Sinurat. Acara dipandu oleh Kepala Sekretariat Panwaslu, Mangara Butarbutar.

Penulis: nim. Editor: Gunawan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!