HETANEWS.COM

Warga Porsea Bersihkan Eceng Gondok di Aliran Danau Toba

Sungai Asahan terlihat bersih setelah eceng gondok diangkat dari sungai. (foto/aldy)

Tobasa,hetanews.com- Warga Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), membersihkan tumbuhan eceng gondok, di pinggiran Sungai Asahan Danau Toba.

Kegiatan ini dilakukan, guna menyambut Kabupaten Tobasa, sebagai destinasi wisata.

“Tumbuhan eceng gondok semakin tumbuh subur, di pinggiran Sungai Asahan, dan mengotori aliran Danau Toba. Jadi untuk menjaga keindahan Danau Toba, kami melakukan aksi bersih-bersih,”kata salah seorang warga Kecamatan Porsea, T Manurung, Kamis (13/12/2018).

Disebutkan Manurung, pembersihan eceng gondok dilakukan untuk menjaga keindahan panorama Danau Toba, di Kabupaten Tobasa. Sehingga dengan bersihnya aliran Danau Toba dari eceng gondok, dapat menarik daya minat wisatawan.          

“Selain untuk menjaga keindahan aliran Danau Toba, pembersihan eceng gondok juga untuk meperlancar arus air aliran Danau Toba. Kalau aliran Danau Toba bersih, pasti wisatwan tidak akan kecewa untuk datang berkunjung,”ujarnya.

Pembersihan eceng gondok, lanjut Manurung, didukung oleh perusahaan sekitar yang mempergunakan aliran Danau Toba. Pemberihan eceng gondok dilakukan beberapa kali dalam setahun dengan melibatkan warga sekitar.

“Untuk daerah Kecamatan Porsea, tumbuhan eceng gondok sudah mulai berkurang dibandingkan beberapa tahun terakhir. Mudah-mudahan pembersihan eceng gondok tetap didukung oleh perusahaan sekitar, demi keindahan Danau Toba,” terang Manurung.

Penulis: aldy. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan