HETANEWS

Warga Tanjungbalai Ini Didakwa Pemilik 17 Gram Sabu di PN Simalungun

Ahong, di sel tahanan sementara PN Simalungun sebelum persidangan. (foto/ay)

Simalungun,hetanews.com- Hartono alias Ahong (29), didakwa sebagai pemilik17,70 gram sabu. Warga jalan Ir H Juanda Lingkungan V, Kelurahan Tanjungbalai Kota, Kecamatan Tanjungbalai Selatan ini, diadili PN Simalungun, Selasa (11/12/2018).

Dari awal, Ahong mengaku, sabu tersebut bukanlah miliknya, tapi milik temannya bernama Faisal (DPO), yang merupakan teman SMA dan diketahuinya sebagai pengguna sabu.

Terdakwa Ahong terpaksa ikut menemani Faisal yang bermaksud meminjam sepeda motornya. Awalnya Faisal menolak, karena harus segera pulang bersama istrinya. Tapi saat istirahat makan siang, di salah satu rumah makan, bertemu dengan Faisal dan memaksa agar terdakwa meminjamkan sepeda motornya.

Lalu Faisal memasukkan sesuatu ke atas tutup batre dan ke dalam helm yang dipakai Faisal, saat ditanya terdakwa apa itu, Faisal hanya mengatakan "macam gak tau aja kau". 

Akhirnya Faisal membonceng terdakwa menuju Ujung Padang, mengendarai Yamaha Aerox milik terdakwa. Di jalan besar Parik, Kecamatan Ujung Padang, dihentikan Polsek Bosar Maligas. 

Sedangkan Faisal turun dari sepeda motor dan langsung melarikan diri. Akhirnya terdakwa ditangkap bersama barang bukti sabu yang cukup banyak dan juga 4,5 butir pil extasi seberat 2 gram.

Jaksa Viktor Purba menjerat terdakwa dengan pasal 114, pasal 112 dan pasal 131 UU RI No.35/2009 tentang narkotika. Untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi, majelis hakim pimpinan, Jon Sarman Saragih, menunda persidangan hingga sepekan.

Penulis: ay. Editor: gun.