Siantar,hetanews.com- Dr. Corry Purba Msi, dilantik sebagai Rektor Universitas Simalungun (USI), periode 2018 - 2022, di Auditorium Radjamim Purba, Senin (10/12/2018).

Corry Purba adalah Rektor ke-13, sekaligus Rektor perempuan pertama di USI. Terpilihnya Corry, diharapkan mampu merespon isu - isu strategis yang ada di daerah.

Dalam sambutannya, Corry menyampaikan prioritas kerja yang akan dilakukan. Antara lain, mempertahankan dan meningkatkan akreditas institusi, meningkatkan jumlah mahasiswa, meningkatkan kerjasama kepada instansi lain dan meningkatkan fasilitas pembelajaran serta meningkatkan kualifikasi dosen.

Program tersebut dapat dilaksanakan dengan adanya ketersediaan dana, kerja sama bersama civitas akademika, memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sifatatnya sinergis  dengan yayasan, serta seluruh stakeholder sebagai mitra universitas.

"Dalam memimpin USI kedepan, saya menyadari, masih banyak yang saya tidak ketahui daripada yang saya tahu. Dengan segala kerendahan hati, kepada pembina, pengawas, pengurus, dan civitas USI, saya bersedia menerima masukan, kritikan yang konstruktif dari semua pihak,"ujar Corry.

Robin Panggabean, selaku Ketua Ikatan Alumni USI (IKA USI), mengapresias Corry Purba, sebagai Rektor perempuan pertama, di universitas kebanggaan kota Siantar itu.

"Corry Purba adalah Rektor perempuan pertama di Universitas Simalungun. Selamat dan sukses kepada Corry Purba, kami yakin USI semakin maju, semakin sinergis dan menjadi ikon universitas swasta di Sumatera Utara," kata Robin.

Ketua Yayasan USI, Amsar Saragih dalam sambutanya, menyampaikan harapan yang sebesar - besarnya kepada Corry Purba untuk meningkatkan kerja sama dengan pemerintah sebagai mitra. Amsar juga mengucapkan selamat kepada Corry.

"Selamat bekerja, selamat bertugas. Semoga Rektor yang baru semoga dapat menjalankan tugas dengan baik. Semoga dalam menjalankan tugas bersama yayasan, lebih terjalin kebersamaan yang lebih baik lagi,"harapnya.

Ditempat yang sama, Herbindo Saragih, mewakili Pembina Yayasan USI, berharap, Corry Purba selaku Rektor mampu mempertajam dan merespon isu - isu strategis yang relevan yang dihadapi daerah, terutama saat ini atau empat tahun kedepan.

Herbindo juga berharap USI menjadi magnet dan memberi solusi yang nyata bagi pemerintah, masyarakat dan dunia industri. Kontribusi USI melalui kemitraan dengan pemerintah dan dunia industri adalah sebagai mitra strategis.

"Kami harap kepada Corry Purba sebagai Rektor USI dapat melakukan peningkatan kepada masyarakat, terutama kepada masyarakat pedesaan. Itu dapat dilakukan misalnya dengan kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa, di daerah daerah pedesaan," ungkapnya.

Sebelumnya, hasil keputusan rapat Pembina USI, pada Jumat, 19 Oktober 2018, lalu, telah menetapkan Corry Purba sebagai Rektor terpilih, periode 2018-2022. Selanjutnya Pembina USI, merekomendasikan Pengurus Yayasan mengangkat dan melantik Corry Purba sebagai Rektor USI.