HETANEWS

Dishut Diduga Tangkap Lepas Penderes Getah Pinus

Kasat Reskim Polres Samosir, AKP Jonser Banjarnahor. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com - Aksi penangkapan penderes getah pohon pinus yang dilakukan satu minggu lalu, tepatnya Rabu, menuai pertanyaan di tengah masyarakat.

Dimana dari lima orang yang diamankan, satu orang kabarnya melarikan diri atau lepas dari sergapan pihak Dinas Kehutanan (Dishut).

Hingga hal itu menimbulkan pertanyaan di masyarakat dan penegak hukum (Polri), kenapa bisa terjadi?.

Ketika hal ini dipertanyakan wartawan kepada Kepala UPT Kehutanan yang berada di Kabupaten Samosir,  Anggiat Simatupang, mengatakan, bahwa pasa saat penangkapan tidak ada di lokasi.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Kehutanan Dolok Sanggul, Bernat Purba. Ia membenarkan, ada yang lepas atau melarikan diri  saat penangkapan dari tangan mereka.

Ketika Kepala KPH Kehutanan di Dolok Sanggul ditanya wartawan, dengan gamblang kepada awak media, mengatakan, “Saya juga tidak tau kenapa dia bisa lepas karena luasnya lapanagan hutan, di lokasi penangkapan,“ ungkapnya. 

Ketika hal ini dikroscek beberapa hari kemudian, ternyata benar. 

Bahwa penderes getah pinus tersebut hanya 4 orang saja yang diselkan oleh pihak Polres Samosir. Dan itu dibenarkan Kasat Reskim, AKP Jonser Banjarnahor, Senin (3/12/2018).

Penulis: stm. Editor: gun.