HETANEWS

Tidak Lengkapi Izin, Pabrik Ulos Mesin Ini Disurati Satpol PP Siantar

Gudang produksi ulos tenun mesin, di Jalan AMD, Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba. (foto/gee)

Siantar,hetanews.com- Pihak Satpol PP Siantar, melayangkan surat peringatan pertama kepada pengusaha UD Anugrah Silalahi, terkait usahanya yang berada di Jalan AMD, Kelurahaan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba, yang tidak mempunyai izin usaha.

Hal itu diutarakan Kasatpol PP, R Samosir, melalui Sekretarisnya, Julham Situmorang saat ditemui Hetanews.com, di ruang kerjanya, Selasa (4/12/2018).

Menurut Julham, pengusaha ulos tersebut, sudah melanggar aturan dan prosedur yang belaku. Dimana, tidak mengantongi izin terbaru dari Perizinan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Siantar.

"Selaku penegak perda, selalu memberikan masukan kepada pengusaha agar tetap pada prosedur yang berlaku. Dimana, harus mengantongi izin usaha yang dikeluarkan oleh instansi terkait,"ujarnya

Dijelaskannya, awalnya mengetahui bahwa CV Anugrah Silalahi tidak mengantongi izin usaha, setelah membaca pemberitaan media. 

Selaku penegak Perda, pihaknya langsung melakukan kroscheck ke lapangan dan ternyata benar, bahwa pihak pengusaha belum mengantongi izin usaha.

"Pihak pengusaha hanya mengantongi izin usaha yang lama, tepanya berada di jalan SM Raja, Kecamatan Siantar Utara. Sementara untuk izin usaha yang di Kecamatan Siantar Martoba, belum ada. Karena kalau berpindah tempat suatu usaha, maka pihak pengusaha harus mengurus izin yang baru kembali,"jelasnya.

Baca juga: Dinas PMPTSP Pastikan Pabrik Ulos UD Anugrah Tak Kantongi Izin Industri

Julham menambahkan, jika surat peringatan pertama tidak digubris, maka pihaknya akan melakukan surat peringatan kedua hingga ketiga.

Jika belum digubris, selanjutnya pihaknya akan akan melakukan tindakan yang sesuai dengan aturan berlaku untuk melakukan pembongkaran. 

Sebelumnya, Kepala Perizinan Bidang (Kabid) Perizinan Dinas PMPTSP Siantar, Mardiana, menyatakan izin usaha UD Anugrah Silalahi tidak terdaftar.  

UD Anugrah Silalahi, mengembangkan bisnis ulos dengan mendirikan pabrik ulos buatan mesin di Jalan AMD, Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba. 

Menurut Mardiana, bila bisnis usaha dengan modal di bawah Rp1 Milyar dengan tenaga kerja 1-19 orang termasuk dalam industri kecil. Oleh sebab itu, diperlukan izin industri dari PMPTSP, agar tertib aturan.

Penulis: gee. Editor: gun.