HETANEWS

2 Pemikul 54 Kg Ganja Sumringah Divonis 20 Tahun

Kedua terdakwa di persidangan. (foto/dian)

Medan,hetanews.com- Dua terdakwa kasus narkotika jenis ganja seberat 54 kg, sumringah setelah lepas dari jeratan hukuman seumur hidup, di dalam penjara.

Pasalnya, hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, memvonis keduanya hanya selama 20 tahun penjara.

Dalam sidang yang digelar di ruang Kartika PN Medan, Selasa (4/12/2018), Majelis Hakim yang diketuai, Gosen Butarbutar, membacakan putusannya kepada kedua terdakwa, yakni Suryadi dan Hasanuddin.

"Mengadili, menjatuhkan hukuman pidana masing-masing 20 tahun penjara kepada kedua terdakwa dan denda Rp1 miliar subsider 2 bulan kurungan,"ucap hakim, Gosen Butarbutar.

Kedua terdakwa terbukti menjadi pemikul ganja tersebut dari Gayo Lues, Aceh Timur untuk dikirimkan kepada seseorang di Medan. "Perbuatan kedua terdakwa,  diatur dan diancam pidana Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," beber Hakim Gosen Butarbutar.

Dalam pertimbangan Majelis Hakim, kedua terdakwa tidak mendukung program pemberantasan narkotika yang sedang digalakkan pemerintah. Sedangkan hal yang meringankan, keduanya hanya sebagai perantara dan masih memiliki anak yang kecil-kecil yang harus dibiayai.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU), Randi Tambunan, menuntut kedua terdakwa masing-masing seumur hidup di dalam penjara.

Atas putusan Majelis Hakim, kedua terdakwa menerimanya, sedangkan JPU Randi menyatakan pikir-pikir.

Untuk diketahui, sesuai dalam dakwaan jaksa, disebutkan terdakwa Suryadi, bersama Hasanuddin (berkas terpisah), pada April 2018, di pinggir jalan lintasan Gayo Lues, Aceh Timur, menerima barang bukti, berupa tiga karung plastik yang berisikan narkotika jenis ganja sebanyak 54 bal yang diperoleh dari Ipin (buron). Barang haram itu akan dibawa menuju Medan.

Keduanya pun merental mobil dengan biaya Rp300 ribu per hari selama dua  hari, namun biaya rental mobil tersebut baru dibayar satu hari.

Ipin saat itu menjanjikan upah Rp1 juta per kg kepada kedua terdakwa, bila berhasil mengantarkan ganja tersebut kepada pemesan di Medan.

Namun, naas, sebelum barang sampai, para terdakwa akhirnya diciduk petugas kepolisian Ditresnarkoba Poldasu, di Komplek Taman Setia Budi Indah Blok 3 No 30, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, tepatnya di rumah salah satu warga.

Penulis: dian. Editor: gun.