HETANEWS.COM

Bona Uli Rajagukguk Siap "Buka-bukaan" dengan Komisi III Terkait PT SBSJJ

Bona Uli Rajagukguk. (dok/hetanews.com)

Simalungun, hetanews.com- Bona Uli Rajagukguk, mempersilahkan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Simalungun, untuk memanggil pihak PT Sumber Bumi Sawit Jadi Jaya (SBSJJ).

Hal itu disampaikannya, menyusul adanya statement yang disampaikan salah satu anggota Komisi III, Bernard Damanik, beberapa waktu lalu.

Bona mengatakan, siap dipanggil pihak Komisi III untuk menjelaskan, bahwa persoalan PT SBSJJ tidak ada melanggar ketentuan hukum apapun. Selain itu, dia tidak takut menyampaikan fakta apa yang sebenarnya terjadi.

"Kalau mau buka-bukaan kita siap, silahkan panggil agar semua faktanya jelas,dimana yang melanggar hukum," katanya.

Anggota Komisi I DPRD Simalungun ini, menganalogikan bahwa pemberitaan yang menyebut PT SBSJJ melakukan perambahan hutan register 18 itu salah. Kata Bona, perambahan itu ialah menebang pohon di hutan.

"Kalau merambah hutan itu menebang pohon-pohon, dan itu tidak kami lakukan," ujarnya.

Sekali lagi, Bona menyanggah bila dikatakan menjadi "beking" praktek penyerobotan tanah, di hutan register 18.

Baca juga: Bona Uli Rajagukguk: PT SBSJJ Tidak Lakukan Perambahan

Baca juga: Komisi III DPRD Simalungun akan Panggil PT SBSJJ dan Pihak Pemberi Izin

Ditanya apakah luas 3.4 hektar dari lahan PT SBSJJ yang disampaikan Kepala UPT KPH Siantar, Joner Sipahutar, memang benar berada di kawasan hutan? Bona enggan membeberkan hal itu lebih mendalam dan menilai masih banyak kawasan hutan yang bermasalah di Simalungun.

Diberitakan sebelumnya, Bernard Damanik, saat dihubungi hetanews.com mengatakan, bila dikemudian hari ditemukan ada pelanggaran hukum yang dilakukan PT SBSJJ, maka Pemkab Simalungun sudah sepatutnya melakukan peninjauan ulang perihal izin yang diberikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Kabupaten Simalungun, Wasin Sinaga, sampai hari ini masih belum dapat memberikan keterangan maupun klarifikasi mengenai izin Pabrik Kelapa Sawit PT SBSJJ.

Penulis: pranoto. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan